TNI - POLRI Kodim 0712/Tegal Tanam Pohon Cemara di Kampung Tirang dalam Peringatan HUT RI...

Kodim 0712/Tegal Tanam Pohon Cemara di Kampung Tirang dalam Peringatan HUT RI ke-78

192
BERBAGI
Dalam rangka memperingati HUT RI ke-78, Kodim 0712/Tegal laksanakan kegiatan Bhakti Sosial dan Karya Bhakti bertempat di Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Senin, 14 Agustus 2023
Advertisement

Berita Merdeka – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78, Kodim 0712/Tegal laksanakan kegiatan Bhakti Sosial dan Karya Bhakti bertempat di Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Senin, 14 Agustus 2023.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 oleh Kodim 0712/Tegal selain Bhakti Sosial dan Karya Bhakti, juga acara yang diikuti 200 orang itu turut mendengarkan pengarahan Pangdam IV/Diponegoro melalui Zoom meeting yang disiarkan keseluruh jajaran Kodam IV/Diponegoro.

Hadir dalam kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 oleh Kodim 0712/Tegal tersebut antara lain, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Suratman, S.IP, Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Nurohmat, S.Ag, Karumkit TK IV 04.07.01 Tegal Kapten CKM dr. Budi Yuliyono, Sp.B, Danramil jajaran Kodim 0712/Tegal wilayah Kota Tegal, Danramil jajaran Kodim 0712/Tegal wilayah Kota Tegal, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXII Kodim 0712/Tegal Ny. Uli Suratman beserta jajaran.

Advertisement

Dampak Kemarau, Kodim 0712/Tegal Bantu Air Bersih Warga Kedungkelor Warureja Tegal

Selain itu juga hadir Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Tegal Sirat Mardanus, S.Pi, M.Si, Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari Tuti Suprianti, S.Pi, Forkopimcam Tegal Barat, Ketua DPD HNSI Provinsi Jawa Tengah/ Ketua KUD Karya Mina Kota Tegal Riswanto, Ketua Paguyuban Nelayan Kota Tegal (PNKT) Said Aqiel.

Tampak dalam Video Conference, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, Asops Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Inf Ketut Mertha Gunarsa, Aster Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Arm Tejo Widhuro.

Kegiatan diawali dengan mendengarkan pengarahan dari Pangdam IV/Diponegoro melalui Zoom, yang dilaksanakan di halaman Kantor Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari Jl. Blanak No. 10 C Kel. Tegalsari Kec. Tegal Barat.

“Pada hari ini kita dapat mengikuti kegiatan Karya Bhakti dan Bhakti Sosial dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 dalam keadaan sehat wal’afiat,” ujar Pangdam.

Menurutnya, bahwa negara yang kita cintai ini memiliki sejarah panjang dalam usahanya merebut serta mempertahankan kemerdekaan melalui perjuangan para pahlawan bangsa yang rela mengorbankan jiwa, harta, bahkan nyawanya.

“Sebagai seorang prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro, kita harus senantiasa mengingat jasa para pahlawan dan harus ikut serta dalam mengisi kemerdekaan dengan cara menunaikan tugas pokok kita masing-masing secara profesional dan bertanggung jawab,” pesannya.

Pada peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 ini, Kodam IV/Diponegoro menggelar karya bhakti dan bhakti sosial secara serentak di Makodam dan di seluruh satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya dengan melakukan pembersihan pantai dan lingkungan serta menanam 7.800 pohon.

Selain itu, juga membagikan sembako sebanyak 9.500 paket kepada para veteran, KBT, masyarakat kurang mampu, dan anak penderita stunting di wilayah provinsi Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta.

Selanjutnya, dikatakan Pangdam, besok (Selasa, 15 Agustus 2023) juga akan menyelenggarakan kegiatan donor darah di seluruh jajaran Kodam IV/Diponegoro dengan target 5.450 kantong darah.

“Perlu saya sampaikan bahwa kegiatan karya bhakti dan bhakti sosial yang kita laksanakan ini merupakan wujud kepedulian Kodam IV/Diponegoro terhadap masalah kebersihan lingkungan di sekitar kita dan rasa kemanusiaan terhadap saudara- saudara kita yang membutuhkan,” terangnya.

Pangdam juga berharap apa yang dilakukannya tersebut dapat bermanfaat dan sekaligus mendekatkan diri kepada rakyat dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Berkenaan dengan itu, saya selaku Panglima Kodam IV/Diponegoro mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya kegiatan ini, termasuk kepada seluruh anggota dan masyarakat yang berniat mendonorkan,” pungkasnya.

Kegiatan Karya Bhakti dan Bhakti Sosial yang dilaksanakan dibagi dalam beberapa kegiatan dan tempat yang berbeda, diantaranya :

Di halaman Kantor Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari berupa pembagian Paket Sembako secara simbolis, kepada Perwakilan Veteran Serma (Purn) Sunardi, diberikan oleh Dandim 0712/Tegal, Perwakilan Nelayan Kota Tegal, Kosim, diberikan oleh Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Tegal.

Sedangkan Perwakilan Warga Tidak Mampu a.n Bpk Mukhlis, diberikan oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari serta 6 (enam) orang Anak Stunting yang diberikan oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXII Kodim 0712/Tegal.

Sementara Di area Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari, kegiatan melakukan pembersihan seluruh area pelabuhan.

Untyk di Aula Kantor Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari, berupa Pengobatan gratis kepada masyarakat oleh Tim Kesehatan Rumah Sakit TK IV 04.07.01 Tegal, dan terakhir di Kampung Tirang Kel. Tegalsari Kec. Tegal Barat, Penanaman Pohon Cemara.

Terakhir Kasdim 0712/Tegal, Mayor Inf Nurohmat, S.Ag dalam sambutan di kampung Tirang, Kelurahan Tegalsari, Kota Tegal pada pelaksanaan penanaman pohon menyampaikan rasa syukurnya kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dalam kebersamaan TNI-Polri dan masyarakat.

“Penanaman pohon ini bertujuan supaya pesisir-pesisir pantai ini semakin hijau, dan kelak akan berguna bagi anak cucu kita, dan penanaman pohon ini bisa untuk memperkuat pesisir pesisir pantai dari ombak ombak yang besar,” kata Kasdim 0712/Tegal. (Anis Yahya)