Olah Raga Cabang Olahraga Barongsai Setia Dharma Tegal Lolos ke PON XXI 2024 Sumatera

Cabang Olahraga Barongsai Setia Dharma Tegal Lolos ke PON XXI 2024 Sumatera

873
BERBAGI
Advertisement

Berita Merdeka – Cabang Olah Raga Barongsai Setia Dharma dari Kota Tegal siap mengikuti kejuaraan di PON XXI/2024 Sumatera Utara yang rencananya bakal digelar pada tahun 2024.

Kesiapan Barongsai Setia Dharma dari Tegal untuk mengikuti kompetisi di PON XXI/2024 Sumatera Utara, setelah sebelumnya menjuarai dalam Kejurprov Barongsai Seleksi BK PON di Kabupaten Grobogan pada 9 – 11 Juni 2023 yang lalu.

Kejurprov Barongsai Seleksi BK PON tersebut, Barongsai Setia Dharma mendapatkan trophy juara 1 dalam kategori Taolu Bebas dan juara 2 pada Pekingsai Kecepatan.

Advertisement

Kemenangan tersebut menghantarkan tim Barongsai Setia Dharma mewakili provinsi Jawa Tengah dalam BK PON Barongsai di Pluit Village Mall, DKI Jakarta, 19 – 20 Agustus 2023.

Pada Babak Kualifikasi (BK) PON di Jakarta tersebut, Barongsai Setia Dharma Tegal mampu meraih medali Emas pada kategori Pekingsai Kecepatan dan satu medali Perunggu Kategori Pekingsai Taolu Bebas.

Menurut Kepala Seksi Olahraga Yayasan Tri Dharma Tegal, Adi Santoso atau biasa dipanggil Mr. Leon melalui Pelatih dan Atlit Barongsai, Bimo Wasis Wicaksono, menyebutkan kemenangan Tim Barongsai Setia Dharma mencatat kecepatan akumulatif waktu 1 menit 27 detik diatas tim Jakarta yang terpaut 1 detik yakni 1 menit, 28 detik.

“Ya sebetulnya kita mencatat 57 detik namun ditambah 30 detik faktor kesalahan sehingga akumulasi waktu menjadi 1 menit 27 detik,” ujar Bimo dalam perbincangannya di Kedai Coklat, kawasan Sioelem, Kelurahan Kraton, Tegal Barat, Kota Tegal, Selasa, 22 Agustus 2023.

Ditambahkan oleh Bimo, bahwa dari 12 kategori, yang diikuti tim Barongsai Setia Dharma, 2 kategori yakni Pekingsai Kecepatan dan Pekingsai Taolu Bebas.

“Ya tim kami mengikuti dua kategori Pekingsai Kecepatan dan Pekingsai Taolu Bebas,” ujar Bimo Wasis Wicaksono yang menggeluti seni dan olahraga Barongsai sejak tahun 2012 ini.

Bimo yang juga melatih beladiri Wushu ini mengatakan bahwa dalam olahraga Barongsai terdapat 12 kategori yang semuanya dipertandingkan dalam kejuaraan Barongsai.

Ia juga berharap dukungan masyarakat Kota Tegal agar tim Barongsai Setia Dharma yang terdiri dari 5 personil tersebut dapat tampil dengan membawa pulang ke Tegal dengan kemenangan.

Tim Barongsai Setia Dharma Tegal kategori Pekingsai yang bakal turun dalam PON XXI/2024 yang bertempat di Aceh dan Sumatera Utara itu terdiri dari Bimo Wasis Wicaksono. Frans Hinggi Raja, Hari Agus Castoro dan Luise Prayoga serta Teuku Firmansyah Julianto. (Anis Yahya)

=====================Adv======================