Regional Tangani Stunting, Kelurahan Panggung Kota Tegal Luncurkan Program Germas Payung Centini

Tangani Stunting, Kelurahan Panggung Kota Tegal Luncurkan Program Germas Payung Centini

234
BERBAGI
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal, dr. Roro Kusnabila Erfa Dedy Yon dalam acara launching Germas Payung Centini di Kelurahan Panggung, Kota Tegal, Selasa, 10 Oktober 2023
Advertisement

Berita Merdeka – Dalam rangka upaya pencegahan dan penanganan stunting, Kelurahan Panggung melaunching program ‘Germas Payung Centini’ yang memiliki kepanjangan Gerakan Masyarakat Panggung Sengkuyung Cegah Stunting Sejak Dini dan Terintegrasi,di Pendopo Kelurahan Panggung Kota Tegal, Selasa, 10 Oktober 2023.

Sekretaris Kelurahan Panggung, Mari S.AP penggagas gerakan mengatakan, Germas Payung Centini digalakan dalam rangka upaya mencegah dan menurunkan angka stunting, khususnya di wilayah Panggung.

Hal itu sesuai Perpres No 72 tahun 2001 yakni mengatur antara lain mengenai strategi nasional percepatan penurunan stunting, penyelenggaraan percepatan penurunan stunting, koordinasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting.

Advertisement

Maka perlu dilakukan berbagai aksi dan langkah nyata. Oleh karenanya diperlukan komitmen yang kuat dari mulai tingkat RT, RW sampai penanganan stunting bisa langsung menyentuh ke masyarakat.

“Harapannya, melalui Germas Payung Centini, bisa menurunkan angka stunting di Kelurahan Panggung secara signifikan, dan secara berkelanjutan bisa mewujudkan zero stunting,” ujar Mari.

Lurah Panggung Kota Tegal Amin Suseno, SH, MH menekankan Germas Payung Centini tidak hanya sebagai kegiatan simbolis saja, tetapi harus disertai dengan aksi nyata yang terintegrasi, terarah dan berkelanjutan.

Hal senada juga disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal dr Roro Kusnabela Erfa Dedy Yon saat memberikan sambutan.

Ia menuturkan, program tersebut bukan hanya menjadi acara seremonial saja, tetapi harus bisa memberikan manfaat dalam rangka penurunan angka stunting.

Roro juga menjelaskan, bahwa upaya penanganan stunting tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja tetapi bisa dengan melibatkan masyarakat, baik PKK, kader posyandu, pengurus RT, RW dan pihak kelurahan.

Mengedukasi dan sosialisasi pemberian makanan bergizi harus rutin dilakukan. Sebab anggapan saat ini bahwa kebutuhan anak akan tercukupi dengan uang jajan yang banyak.

“Padahal dari jajan yang dimakan belum tentu memberikan gizi yang cukup. Anak yang keren bukanlah anak yang uang jajannya banyak, tetapi anak keren adalah anak yang sehat,” kata Roro Kusnabela.

Launching Germas Payung Centini juga dihadiri Kepala DPPKBP2PA Kota Tegal, Camat Tegal Timur, Lurah di wilayah Kecamatan Tegal Timur, Forkopimcam, kader PKK, kader Posyandu, Kepala Puskesmas Tegal Timur dan tokoh masyarakat Kelurahan Panggung. (Anis Yahya)