Regional Pemkot Tegal Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik atau KIP Award 2023

Pemkot Tegal Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik atau KIP Award 2023

59
BERBAGI
Kantor Diskominfo, Pemkot Tegal
Advertisement

Berita Merdeka – Pemkot Tegal meraih penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award Tahun 2023 dengan predikat informatif yang diberikan oleh Komisi Informasi Publik Provinsi Jawa Tengah atau KIP Award 202.

Penghargaan KIP Award 2023 tersebut diberikan Komisi Informasi Publik Provinsi Jawa Tengah diberlangsung di Ballroom Patra Semarang Hotel and Convention pada Kamis, 21 Desember 2023 malam.

Plakat Penghargaan diterima oleh Asisten Administrasi Umum Kota Tegal, Ilham Prasetyo, S.Sos, M.Si, didampingi Kepala Diskominfo Kota Tegal Drs. Markus Wahyu Priyono, Kabid Informasi, Komunikasi Publik dan Statistik Nuryani, S.STP.,MM.

Asisten Administrasi Pemkot Tegal, Ilham Prasetyo, S.Sos, M.Si saat terima penghargaan dari KIP Award 2023 di Ballroom Patra, Semarang Hotel and Conversation, Kamis, 21 Desember 2023
Advertisement

Asisten Administrasi Umum Kota Tegal, Ilham Prasetyo, S.Sos, M.Si merasa bangga dan bersyukur atas pencapaian yang telah diraih Pemkot Tegal.

“Kami bersyukur Penghargaan pelayanan publik kategori informatif adalah yang kedua kali diraih Pemerintah Kota Tegal, dengan nilai 95,88,” ujar Ilham.

Nilai yang diraih itu dikatakannya berkat kerja keras koordinasi yang bagus Diskominfo Kota Tegal dan opd lain sehingga informasi kepada masyarakat terlayani dengan baik.

Ilham juga mengatakan target ke depan adalah semakin meningkatkan pelayanan informasi secara masif kepada publik, karena Kota Tegal sudah banyak inovasi pelayanan yang diciptakan sebagian besar OPD lain.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Indra Asoka Mahendrayana menjelaskan, monitoring dan evaluasi penelitian keterbukaan badan publik adalah agenda tahunan yang sudah dilakukan sejak tahun 2016.

“Monev keterbukaan badan publik bertujuan untuk mengetahui dan mengukur pelaksanaan keterbukaan informasi publik kepada badan publik melalui tahapan penilaian website dan media sosial kemudian pengisian kuesioner mandiri (SAQ), visitasi dan verifikasi serta presentasi uji publik” ungkap Asoka.

Monev badan publik di tahun 2023 adalah monev terbanyak dibanding tahun-tahun sebelumnya terhadap 295 badan publik di lingkup provinsi Jawa Tengah.

Badan publik yang menjadi obyek monev antara lain pemerintah daerah kabupaten/kota, SKPD provinsi, rumah sakit kabupaten/kota, rumah sakit provinsi dan pusat, serta badan vertikal dan BUMD.

Selain itu, pihaknya juga melakukan Monev terhadap badan publik penyelenggara pemilu yakni Bawaslu dan KPU Kabupaten Kota serta 86 Pemerintah desa yang diusulkan dari masing-masing kabupaten.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana mengucapkan selamat kepada para penerima KIP award.

Nana mengatakan keterbukaan informasi publik ini merupakan salah satu poin penting tentunya untuk mengelola atau mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik kemudian transparan akuntabel.

“Dengan adanya keterbukaan infomasi publik dirinya berharap dapat mendorong partisipasi masyarakat, serta mengoptimalkan pengawasan dan partisipasi publik terhadap penyelenggara negara dan badan publik lainnya” tegas Nana. (***)