Seni dan Budaya Meski Terselenggara Perdana, Tembang Kenangan di Kota Tegal Sukses Besar

Meski Terselenggara Perdana, Tembang Kenangan di Kota Tegal Sukses Besar

261
BERBAGI
Suasana acara Tembang Kenangan yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Player Penyanyi Pekerja Profesional di Gedung Mulya Damai, Alun-alun Kota Tegal, Jumat, 15 Juli 2022
Advertisement

Berita Merdeka – Perkumpulan Player Penyanyi Pekerja Profesional atau P5 sukses gelar event Tembang Kenangan yang diadakan di Gedung Mulya Damai, Alun-alun Kota Tegal, Jumat, 15 Juli 2022.

Terjualnya tiket dalam bentuk undangan melebihi target pencapaian merupakan kesuksessan tersendiri dalam menggaet para peminat tembang-tembang lawas yang didominasi generasi dibawah tahun 90an.

“Alkhamdulillah penjualan tiket undangan sudah 100 persen terjual,” ujar Eri Sudjono selaku Dewan Pembina P5 disampaikan pada Berita Merdeka sehari sebelum acara berlangsung. Menurutnya, banyak orang kangen dengan lagu-lagu lama dan perkumpulan tersebut mampu menawarkan kerinduan itu dalam acara Tembang Kenangan.

Advertisement

“Orang-orang seusia kita butuh hiburan semacam ini,” tutur Eri

Antusiasme para peminat lagu-lagu lama juga sempat membuat Ketua Umum P5 Hermoyo, S.Pd kaget lantaran pengunjung Tembang Kenangan yang digelarnya menyedot pengunjung hingga melebii target yakni kisaran 100 hingga 150an orang.

“Dari catatan resepsionis, pengunjungnya lebih besar dari perkiraan semula. Mereka datang dari berbagai daerah seperti Cirebon, Pekalongan juga komunitas dari Jakarta,” ujar Hermoyo.

Acara Tembang Kenangan tersebut menurut Hermoyo, merupakan upaya guna merealisasikan partisipasi aktif dalam pembangunan ekonomi kreatif, seni budaya dan pariwisata di Kota Tegal.

Pihaknya mengatakan bahwa event itu merupakan agenda rutin P5 yang diselenggarakan minimal satu bulan sekali. Hal itu sesuai dengan AD/ART organisasi yang sudah mengantongi izin resmi Kemenkum HAM RI.

Dikatakannya, ke depan akan banyak agenda P5 untuk memberdayakan masyarakat Kota Tegal, seperti diantaranya Festival Pop Singer yang bertujuan mencari bibit-bibit insan berkesenian di Kota Tegal dan sekitarnya yang akan dibina oleh P5.

Hermoyo juga menyampaikan bahwa event tersebut sekaligus sebagai aksi nyata mewujudkan kebangkitan ekonomi di Jawa Tengah serta memenuhi kebutuhan hiburan bagi masyarakat sebagai ikhtiar melalui  sarana entertaint setelah sekian lama kegiatan dunia entertainment dan pariwisata sangat terbatas karena hantaman badai pandemi Covid-19.

Suksesnya acara Tembang Kenangan meski untuk yang pertama kalinya diadakan, tak urung membuat Eri Sujono dalam sambutannya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada segenap pihak yang sudah mendukung terlaksananya event tersebut.

“Sebagai event perdana, ke depan saya berharap event akan berlangsung lebih baik dan lebih baik lagi,” harap Eri Sudjono. (Anis Yahya)