Undercover Ketua Baznas Kota Tegal Kunjungi Penderita Lumpuh Layu di Kelurahan Margadana

Ketua Baznas Kota Tegal Kunjungi Penderita Lumpuh Layu di Kelurahan Margadana

196
BERBAGI
Advertisement

Berita Merdeka – Ketua Baznas Kota Tegal, H. Harun Abdi Manaf, SH, MH kunjungi satu keluarga di Kelurahan Margadana RT 01 RW XI, Kecamatan Margadana Kota Tegal yang telah puluhan tahun alami menderita lumpuh layu, Senin, 18 Juli 2022.

Kunjungannya ke keluarga yang 3 anggota keluarganya alami lumpuh itu didampingi Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kota Tegal, Muhammad Carimun dan yang mewakili Dinas Sosial Kota Tegal, Joko memberikan beberapa bantuan untuk meringankan beban hidup keluarga tersebut.

Selain sembako, bantuan juga diberikan untuk anak dari salah satu penderita yang masih sekolah berupa 1 unit Sepeda, Tas sekolah, serta sepasang sepatu serta untuk pemeriksaan dan pengobatan rutin setiap minggunya.

Advertisement

Sebagaimana diketahui, terdapat satu keluarga di jalan Banyumas II kelurahan Margadana, kecamatan Margadana, Kota Tegal terdapat 5 bersaudara yang 3 diantaranya mengalami kelumpuhan kakinya disaat pada usia 20 tahunan.

Mereka yang mengalami kelumpuhan kedua kakinya antara lain Purwanti (39) Muhayah (47) dan Tuti Indrayani (34) anak dari Alm Raswad dan Almh Wasra, hidup dalam satu rumah.

Kelumpuhan kedua kaki tiga bersaudara tersebut rata-rata berawal pada usia 20 tahunan. Pertama yang mengalami kelumpuhan, Muhayah anak tertua yang saat masih sekolah dasar hingga SMP normal. Namun usai lulus SMP hingga memasuki usia 20 tahun, mereka mengalami kelumpuhan kedua kakinya. Begitu juga proses kelumpuhan dua adiknya sama terjadi usai lulus SMP.

Mereka hidup bergantung pada pembuatan lidi tusuk sate atau tusuk gigi dan sangat jauh dari mencukupi kebutuhan keseharian.

Bahkan, Kapolres Tegal Kota Rahmad Hidayat pernah setelah melihat kondisinya, langsung memberikan bantuan berupa 3 bingkisan, 3 kursi roda serta menjamin anak dari Purwanti yang saat ini baru lulus SMP, Dinar Erniati, mendapatkan bea siswa langsung dari Kapolres untuk melanjutkan ke SLTA.

H Harun Abdi Manaf menambahkan bahwa Pimpinan Aisyiyah Kota Tegal sebelumnya telah menerima Dinar Ermiati anak dari Purwanti salah satu yang mengalami lumpuh layu untuk didaftarkan ke SMK Muhammadiyah 2 agar meneruskan belajar, dan semua biaya sampai lulus di tanggung dari Majlis Aisyiyah Kota Tegal.

Bahkan menurut H. Harun Abdi Manaf, Dinar Erniati akan dilanjutkan pendidikannya hingga perguruan tinggi yaitu yang itupun akan di tanggung dari BAZNAS Kota Tegal.

“Karena pendidikan itu sangat penting dan merupakan program utama Pemerintah,” tuturnya.

Sementara Sebagai Lurah Margadana Slamet Sugiarto menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak atas segala bantuan yang diberikan kepada warganya yang mengalami lumpuh layu dan anaknya dapat meneruskan belajar.

“Dengan segala bantuannya tersebut, Alhamdulillah warga saya yang di RT 01 RW XI Kelurahan Margadana Kecamatan Margadana, Kota Tegal yang Kakak beradik mengalami lumpuh layu serta anaknya, segala kebutuhannya tercukupi,” ujarnya.

“Melalui Puskesmas Margadana, setiap satu minggu sekali penderita lumpuh layu dapat perhatian khusus dengan rutin diperiksa dokter dari Dinkes melalui petugas puskesmas,” jelasnya.(Anis Yahya)