Regional Kota Tegal Didapuk sebagai Tuan Rumah Pelaksanaan Raker Asdeksi Provinsi Jawa Tengah

Kota Tegal Didapuk sebagai Tuan Rumah Pelaksanaan Raker Asdeksi Provinsi Jawa Tengah

157
BERBAGI
Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE, MM saat hadir diacara Gala Dinner Rakerda Asdeksi Provinsi Jawa Tengah yang diadakan di Pendopo Ki Gede Sebayu, Kota Tegal, Jumat, 29 Juli 2022.
Advertisement

Berita Merdeka – Untuk kali pertama, Kota Tegal menjadi tuan rumah diselenggarakannya Gala Dinner rapat kerja daerah Asdeksi (Asosiasi Sekretaris Dewan Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia) Provinsi Jawa Tengah yang digelar di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal, Jumat, 29 Juli 2022.

Raker yang mengusung tema “Penguatan Jabatan dan Optimalisasi Peran Sekretariat DPRD untuk Peningkatan Kinerja tersebut dihadiri hampir seluruh perwakilan Setwan 35 Kota/Kabupaten se-Jawa Tengah kecuali Kabupaten Karanganyar.

“Syukur alkhamdulillah ini diluar ekspektasi bahwa tadinya kami targetkan 5 orang per-daerah, terakhir sampai dengan hari ini (Jumat malam) sudah terdata 316 peserta yang hadir di Kota Tegal,” ujar Herviyanto Gunarso Wisnu Purbo, SIP, M.Si, Sekretaris DPRD Kota Tegal kepada Berita Merdeka disela kegiatan semalam.

Advertisement

Menurutnya karena kehadiran peserta rapat kerja Asdeksi diluar dugaan, sehingga selaku Ketua Panitia Penyelenggaraan raker Asdeksi se-Jawa Tengah, maka untuk memperkenalkan Kota Tegal kepada para tamu tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait pemkot Tegal untuk memberikan panduan.

“Karena overload, maka sudah kami koordinasikan dengan dinas terkait untuk melakukan citytour seperti ke PAI dengan tiket terusan,” tambahnya.

Antusiasme peserta rapat kerja Asdeksi menjadi hal yang luar biasa bagi panitia penyelenggara karena meski untuk pertama kalinya Kota Tegal didapuk sebagai tuan rumah, namun hampir semua daerah se-Jawa Tengah hadir.

“Ini luar biasa ternyata 27 daerah itu sudah di Karlita hari ini (Jumat), dengan jumlah kamar 132 kamar dan jumlah peserta 327 peserta,” ungkap Hervi.

Dari 27 daerah, terdapat 35 kabupaten/kota hanya 1 Kabupaten yang tidak hadir yakni Kabupaten Karanganyar karena ada acara yang berlangsung secara bersamaan waktunya.

Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, MM dalam kesempatan memberikan sambutannya menyampaikan harapannya terhadap asosiasi tersebut.

“Asdeksi sebagai asosiasi yang menaungi para sekretaris DPRD Kabupaten/Kota harus dapat berperan aktif sebagai fasilitator, inovator dan motivator bagi anggotanya dalam memahami kemajemukan dan kebijakan pemerintah yang dinamis,” ujar Dedy Yon.

Walikota Tegal juga menyebutkan bahwa Raker Asdeksi diharapkan harus mampu menjadi media untuk berbagi pengalaman serta menjadi ruang diskusi untuk membahas isu strategis yang berkembang di masyarakat.

“Adanya Asdeksi, harus mampu menjadi wadah konsolidasi dan penyamaan persepsi terhadap permasalahan yang dihadapi sekretaris DPRD diberbagai daerah.

Selanjutnya Walikota menyampaikan pesannya agar raker Asdeksi dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membangun hubungan yang erat dalam bersinergi dan mengembangkan harmonisasi antar anggotanya.

“Rapat kerja ini saya yakin mampu menjadi salah satu kunci bagi peningkatan kemampuan dan performa kinerja para sekretaris DPRD dan jajarannya, terutama dalam mendukung reformasi birokrasi di daerah masing-masing demi mendorong terlaksananya good government,” pungkas Walikota Tegal. (Anis Yahya)