Undercover Puluhan Ribu Umat Islam di Kota Tegal Banjiri Tabligh Akbar Peringati 1...

Puluhan Ribu Umat Islam di Kota Tegal Banjiri Tabligh Akbar Peringati 1 Muharram

184
BERBAGI
Kegiatan Tabligh Akbar & Istighotsah Jamiyah Rotib Rotibayn dalam rangka Memperingati Malam 1 Muharram 1444H/2022M yang diselenggarakan oleh Ponpes Darryl Hijrah Kota Tegal di hadiri lebih kurang 20.000an orang bertempat di Taman Pancasila, Kota Tegal, Sabtu, 29 Juli 2022.
Advertisement

Berita Merdeka – Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H / 2022 M, Pondok Pesantren Darryl Hijrah Kota Tegal laksanakan kegiatan Tabligh Akbar dan Istighotsah Jamiyah Rotib Rotibayn yang berlangsung di Taman Pancasila, Kota Tegal, Sabtu, 29 Juli 2022.

Tabligh Akbar yang dimulai pukul 20.00 WIB dan berakhir pada 23.00 WIB dihadiri sekira 20 ribuan umat Islam dari berbagai daerah sekitar Tegal membanjiri sepanjang jalan Pancasila yang masuk dalam kawasan Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

Acara yang diawali dengan Qosidah, Iftitah dan pembacaan Surat Yasin, pembacaan Rathibul Athos, Rathibul Haddad, beberapa sambutan dan tausyiah serta maul’dhotul hasanah dihadiri sederet para ulama dan habaib.

Advertisement

Ketua Panitia Pelaksana Tabligh Akbar & Istighotsah Jamiyah Rotibayn Kota Tegal, Ahmad Muslih, SE dalam sambutannya menyatakan rasa syukur dan terima kasihnya atas kehadiran para ulama dan habaib serta elemen masyarakat lainnya seperti TNI-Polri yang telah mendukung terlaksananya acara tersebut.

“Yang kami hormati Habib Alwi Selaku pembina Jamiyah Rotib Rotibayn dan Para Habaib serta tamu undangan yang saya hormati dan cintai. Kami juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintahan Kota Tegal, TNI/POLRI serta elemen lain  yang sudah mendukung  acara ini sehingga bisa berjalan aman dan lancar. Terimakasih juga kepada jama’ah-Jama’ah yang hadir pada acara ini sehingga kita dapat berkumpul dan memeriahkan acara ini,” ucap Ahmad Muslih.

Pada kesempatan itu Habib Mahdi bin Muhammad Al-Hiyyed mendoakan pada para jamaah yang hadir semoga dengan iman Islamnya dapat dipertemukan lagi pada yaumul kiyamah seperti kumpulnya para jamaah malam itu.

“Semoga jama’ah-jama’ah yang hadir pada malam hari ini dapat berkumpul juga di Yaumul Kimayah kelak. Kita berharap pada tahun baru ini semoga keadaan mulai membaik. Semoga Allah SWT mengampuni kesalahan-kesalahan kita melalui Nabi SAW dengan bersholawat bersungguh-sungguh pada malam hari ini. Kita doakan Habib Alwi agar dapat meneruskan perjuangan orang tuanya serta berkahkan keluarganya beserta santri-santrinya,” ujar Habib Mahdi bin Muhammad Al-Hiyyed.

Sementara Kabagkesra Setda Kota Tegal Zaenal Asikin, S.Pd, MM yang mewakili Walikota Tegal berharap kegiatan Tabligh Akbar dan Istighotsah menjadi acara tahunan di Kota Tegal.

Dr.dr. Sri Primawati indraswari, SpKK., M.M., M.H

“Semoga acara ini menjadi acara tahunan di Kota Tegal. Pada tahun baru ini kita berdoa semoga Covid 19 mereda dan aktifitas serta perekonimian kembali normal. Semoga Allah SWT memberi petunjuk kepada kita semua, serta kita dapat berkumpul kembali di hari kebangkitan kelak dengan orang-orang soleh,” tutur Zaenal Asikin.

Kegiatan dilanjutkan dengan tausyiah yang berturut-turut disampaikan diantaranya oleh Habib Muhammad bin habib Mundzir Al Musawwa serta dilanjutkan Maul’dlotul Hasanah oleh KH. Ahmad bin KH. Said dan Habib Hadid bin habib Abdul Qodir Al Idrus serta diakhiri dengan Tahlil, dzikir dan doa yang dipimpin oleh Habib Muhammad Baqir Bin Habib Hasan BSA.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Walikota Tegal yang diwakili oleh  Kabagkesra Setda Kota Tegal Zaenal Asikin, S.Pd., M.M, Kapolres Tegal kota AKBP Rahmad Hidayat, S.S, Dandim 0712 Tegal diwakili oleh Danramil Tegal Barat Kapten Czi Suharto, Danlanal Tegal diwakili oleh Dandenpomal Lanal Tegal Kapten Laut (PM) Muzzai Murido, S.Tr. Han, Plh Sekda Kota Tegal Dr.dr. Sri Primawati indraswari, SpKK., M.M., M.H, Kabagops Polres Tegal kota Kompol Wibowo Saputro, S.Pd., S.I.K, Kapolsek Tegal Timur Kompol Suratman, S.H., M.H, Kasat Intelkam Polres Tegal Kota AKP Suroyo, S.H.

Dari kalangan para ulama dan habaib yang hadir dalam acara tersebut antara lain, Habib Idrus bin Thohir Assegaf, Habib Muhammad bin Musthofa Al Atas, Habib Abdullah bin Hasan Al Hadad, Habib Mahdi bin Muhammad Al Hiyyed, Habib M. Sulton Badar Al Habsyi, KH. M. Sulton Barmawi, Al Habib Muhammad bin Ali Za Al-Muhder, Habin Muhammad bin Munzer Al Musawa, KH. Ahmad Saldi bin KH. Said, Al Habib Hadi bin Abdul Qadir Alaydrus serta Habib Alwi bin Thohir Al Kaff. (Anis Yahya)