Regional RSUD Kardinah Kota Tegal Bangun Pavilliun 5 Lantai VIP dan VVIP

RSUD Kardinah Kota Tegal Bangun Pavilliun 5 Lantai VIP dan VVIP

219
BERBAGI
Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono dan Direktur RSUD Kardinah Kota Tegal Agus Dwi Sulistyantono bersama dalam Ground Breaking Ceremony pembangunan gedung Paviliun VIP/VVIP 5 lantai, di RSUD Kardinah, Kota Tegal, Senin, 22 Agustus 2022.
Advertisement

Berita Merdeka – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah Kota Tegal terus berbenah dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan masyarakat yang lebih prima. Terlebih sebagai lembaga penyedia pelayanan kesehatan kini dihadapkan dengan lingkungan yang lebih kompetitif.

Maka untuk menghadapi tantangan tersebut juga dengan eskalasi pembiayaan dan kebutuhan pasien yang semakin meningkat, juga diperlukan kesadaran manajemen penyediaan jasa pelayanan kesehatan untuk memberikan perhatian lebih banyak pada kepuasan pasien.

RSUD Kardinah kali ini melakukan pebambahan fasilitas sarana dan prasarana dengan membangun gedung paviliun VIP/VVIP tahap I (pertama) yang peletakan batu pertamanya atau ground breaking ceremony dilaksanakan disamping gedung Dewadaru, RSUD Kardinah, Kota Tegal, Senin, 22 Agustus 2022.

Advertisement

“Maksud dari pembangunan gedung tersebut guna mempromosikan dan memberikan image RSUD Kardinah Kota Tegal sebagai Rumah Sakit modern yang memiliki sarana dan prasarana yang bagus,” ujar Direktur RSUD Kardinah, drg. Agus Dwi Sulistiyantono, MM usai memberikan sambutan Ground Breaking Ceremony pembangunan Gedung Pavilliun 5 lantai VIP/VVIP.

drg. Agus dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rumah Sakit milik pemerintah harus menjadi pemimpin dari rumah sakit yang ada. Dalam lingkungan yang kompetitif, diantara rumah sakit perlu adanya sinergitas.

“Rumah sakit pemerintah harus menjadi pemimpin dari rumah sakit yang ada,” harapnya.

Sementara Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE, MM dalam kata sambutannya menyampaikan sebagai rumah sakit yang ber-visi Rumah Sakit rujukan dari daerah sekitar seperti Kabupaten Tegal, Brebes dan Pemalang, RSUD Kardinah sudah saatnya berbenah diri penyempurnaan fasilitas sarana prasarana untuk memberikan pelayanan memberikan pelayanan bermutu dan berkualitas.

“Kini orientasinya adalah kepuasan pelayanan kepada pasien dalam rangka penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan serta pencegahan penyakit,” ujar Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono.

“Dengan dibangunnyagedung Paviliun VIP/VVIP 5 lantai ini, diharapkan dapat menjadi pilihan bagi pasien dalam memenuhi kebutuhan mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang diinginkan,” tambahnya.

Lebih lanjut disebutkan utamanya dalam masa perawatan yang memerlukan kenyamanan, keamanan dan privasi yang terjaga, serta fasilitas yang memadai dan memenuhi persyaratan pelayanan kesehatan di level VIP/VVIP, sehingga momen perawatan tidak terlalu dirasa oleh pasien.

“Harapannya hal tersebut dapat mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan pasien,” harapnya.

Terkait pembangunan gedung Paviliun VIP/VVIP 5 lantai, menurut drg. Agus Dwi Sulistiyantono akan dibangun disamping gedung Dewadaru dimana sesuai dengan konsep pembangunan rumah sakit modern, nantinya ada 47 tempat tidur yang terbagi kedalam 32 room kelas VIP, 8 ruang VVIP, 5 room Suite dan 2 President Suite Room.

RSUD Kardinah Kota Tegal bakal lebih modern dengan memiliki gedung paviliun VIP/VVIP 5 lantai dengan tahap I dikerjakan oleh PT. Chimarder 777 asal Semarang, dan masa pengerjaan dari tanggal 1 Agustus 2022 hingga 31 Desember 2022 dan dikerjakan.

Mengenai sumber dana dikatakan pembangunan tersebut menggunakan dana operasional BLUD RSUD Kardinah dan dibantu APBD Kota Tegal.

“Pembangunan RSUD 5 lantai ini menggunakan sumber dana dari dana operasional BLUD RSUD dan dibantu APBD Kota Tegal,” terangnya.

Dikatakan pula pembangunan fasilitas sarana dan prasarana menurutnya sudah sesuai Permenkes 58/2014 tentang Kalsifikasi Rumah Sakit dan Perizinan Rumah Sakit. Juga sesuai Permenkes No. 24/2016 tentang Fasilitas Bangunan Gedung Rumah Sakit, serta Permenkes No. 26/2018 tentang OSS Sektor Kesehatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain selain Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE., MM, Direktur RSUD Kardinah Kota Tegal Drg. Agus Dwi Sulistyantono, MM, juga hadir Forkopimda Kota Tegal, Kepala Badan Kesbangpol Kota Tegal Budi Saptaji, S.STP., M,Si, Pj. Sekda Kota Tegal Dr. dr. Sri Primawati Indraswari, Sp.KK, MM, MH, Ketua Panitia Ground Breakin dr. Fahmi Novel, SpTHT, MKes

Para asisten Setda, staf ahli walikota dan kepala OPD di lingkungan pemerintah kota Tegal, para pimpinan BUMN, BUMD, dan Mitra RSUD Kardinah Kota Tegal, Camat dan Lurah se Kota Tegal serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. (Zainal Arifin / Tim Liputan).