Seni dan Budaya Lomba Mural Diikuti Antusias Peserta Dalam dan Luar Kota Tegal

Lomba Mural Diikuti Antusias Peserta Dalam dan Luar Kota Tegal

252
BERBAGI
Lomba Mural berlangsung cukup dinamis dengan menggambar tembok keiling pembatas lapangan PT. KAI, Kota Tegal, Sabtu dan Minggu, 27 dan 28 Agustus 2022.
Advertisement

Berita Merdeka – Waktu menunjukkan pukul 21.00 Wib, tapi para peserta lomba mural dalam rangka HUT ke 77 RI masih tampak bersemangat.

Sesekali para peserta mencampur cat dan menggoreskannya di tembok yang menjadi media lukis mural. Mereka bergiat Sabtu, 27 Agustus 2022.

Terlihat juga dalam pantauan yang dibentuk oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, para peserta baik siang maupun malam terus menyelesaikan mural sampai batas waktu yang ditentukan oleh panitia.

Advertisement

Saat malam hari biasanya dibantu penerangan oleh lampu emergency dan saat siang hari ketika panas matahari menyengat biasanya dibantu tenda dadakan untuk melindunginya.

Salah satu peserta asal Adiwerna dengan nomor undi 64 yang berada di sebelah utara Stasiun Kereta Api Tegal, Septiningtiyas dari kategori umum menyampaikan bahwa Kota Tegal yang merupakan magnet daerah sekitar dan merupakan kota Event berhasil menarik minat seniman juga seperti lomba mural yang diikutinya serta peserta lain dari berbagai daerah.

“Kali ini tema yang dilukis adalah cagar budaya Amazing Tegal, lukisan ini, semua tempat wisata yang ada di Kota Tegal misal Taman Pancasila, Lawang Satus, Masjid Agung Klenteng,” ucap Septiningtiyas.

Septiningtiyas juga menambahkan, Semua tempat wisata yang ada di Kota Tegal juga menambah kecintaan warganya terhadap kotanya.

“Tempat wisata yang ada di Kota Tegal itu beraneka ragam rupanya dan dari keanekaragaman itulah malah memperkuat cinta yang ada pada masyarakat Kota Tegal” tambah Septiningtiyas.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, M. Ismail Fahmi menyampaikanb bahwa, animo peserta lomba cukup tinggi, hal ini ditandai dengan banyaknya peserta dari luar Kota Tegal.

“Lomba dibagi ke dalam dua kategori, Kategori Pelajar SMA/SMK/MA dan Mahasiswa/Umum. Kategori pelajar SMA/SMK/MA kota Tegal maupun dari luar kota Tegal sejumlah 32 kelompok (30 dalam kota, 2 luar kota). Untuk kategori Pelajar akan menggunakan dinding lapangan parkiran PT. KAI di sebelah selatan Taman Pancasila” ucap M. Ismail Fahmi.

Ia juga menjelaskan untuk kategori mahasiswa, seniman dan masyarakat umum di Kota Tegal maupun dari luar Kota Tegal dengan jumlah pendaftar 56 kelompok (Kota Tegal 15, Kab. Tegal 15, Yogya 4, Pemalang 3, Brebes 2, dan masing2 1 KLP : Jakarta, Bekasi, Karawang, Kota Batu Malang, Ponorogo, Bojonegoro, Pekalongan, Banyumas, Batang, Blora, Cilacap, Jepara, Klaten, Magelang, Purwokerto, Solo dan Karanganyar), mereka menggunakan tembok pembatas PT. KAI dari Stasiun Kota Tegal ke utara atau yang berada di Jalan Kolonel Sudiarto. (Zaenal Arifin)