Undercover Ratusan Orang Ikuti Tahlil 40 Hari Wafatnya Sekda Kota Tegal Johardi

Ratusan Orang Ikuti Tahlil 40 Hari Wafatnya Sekda Kota Tegal Johardi

148
BERBAGI
Tahlilan 40 hari wafatnya Sekda Kota Tegal Dr. Drs. Johardi, MM digelar di rumah iatri almarhum dr. Rofiqoh Jl. KH. Zaenal Arifin No. 42 Panggung, Tegal Timur, Kota Tegal, Minggu, 28 Agustus 2022
Advertisement

Berita Merdeka – Ratusan orang hadiri acara tahlilan 40 hari wafatnya Sekertaris Daerah kota Tegal Dr. Drs. Johardi, MM di rumah kediaman dr. Hj. Rofiqoh, jalan KH Zaenal Arifin RT 2 RW 4, Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Sabtu 27 Agustus 2022

Tahlil diawali dengan bacaan Yasin yang dipimpin Ust. Edi Priono serta dilanjutkan dengan Tausiyah oleh H. Ikmal Jaya, SE,Akt.

Dalam tausyiahnya, Ikmal menyampaikan renungan yang menggambarkan suasana alam barzah saat manusia (umat muslim) meninggal dunia. Alam Barzah dikatakan Ikmal merupakan alam dimana kita hanya dihadapkan pada situasi kanan dan kiri. Saat kita menengok ke kanan, maka ada dua hal kemungkinan yang terlihat Surga atau Neraka.

Advertisement

Sementara ketika menengok kekiri, kita akan diperlihatkan suasana keluarga kita yang masih hidup di dunia dalam sebuah keadaan.

“Maka ketika kita menengok ke kanan dan yang terlihat warna hitam maka itulah gambaran keadaan neraka. Sebab api neraka warnanya hitam,” urai Ikmal.

Sementara ketika yang terlihat sebuah taman yang indah maka itu gambaran tentang syurga.

Ikmal yang dalam tausyiah itu mencoba berbagi pengalaman spiritualnya selama 7,5 tahun dirinya berada di penjara. Dia mengajak untuk adanya keseimbangan antara jasmani rohani.

Disetiap musibah ada hikmah dan disetiap rejeki manusia ada rahmat Allah Swt.

Pengajian tahlil berjalan penuh hitmat dan semua yang hadir baik dari kerabat, OPD dan tetangga mengikutinya dengan khusyuk.

Sebagaimana diketahui, Dr.Drs. Johardi, MM wafat pada Selasa, 19 Juli 2022 yang lalu dan dimakamkan di Pemakaman Cleret Randugunting, Tegal Selatan pukul 15.30 WIB.

Almarhum Johardi meninggalkan 2 anak dari istri pertamanya yang lebih dulu dipanggil Allah Swt dan 2 orang anak bawaan dari pernikahannya dengan dr. Rofiqoh.

Almarhum kelahiran 1966 dan menjabat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai 1993 di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal serta menjadi Sekda Kota Tegal secara definitif tahun 2019.

Mengenang wafatnya yang ke 40 Sekertaris Daerah Kota Tegal hadir selain mantan Wali Kota Tegal H. Ikamal Jaya SE, Akt, nampa pula Ketua FKUB Kota Tegal Drs H Akhmad Firdaus Muhtadi.

Semenjak mengemban amanat sebagai Aparatur Sipil Negara, banyak prestasi yang diraih dan sangat bertanggung jawab serta disiplin.

Semua kerabat serta sahabat mendoakan agar almarhum mendapatkan tempat yang terbaik disisi Allah SWT dan ketabahan juga kesabaran serta kelimpahan rizkinya kepada yang ditinggalkan. (Zaenal Arifin / Tim liputan)