Sejarah Nusantara Masih Menganggur? Pemkot Tegal Bakal Siapkan Ratusan Lapangan Kerja ke Korea Selatan

Masih Menganggur? Pemkot Tegal Bakal Siapkan Ratusan Lapangan Kerja ke Korea Selatan

1031
BERBAGI
Advertisement

Berita Merdeka – Untuk menekan tingkat pengangguran di Kota Tegal, Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Tegal melakukan pembahasan terkait penajajakan kemungkinan kerjasama/MoU dengan daerah/wilayah setingkat Kota/Kabupaten di Korea Selatan.

Daerah atau wilayah setingkat Kota/Kabupaten di Korea Selatan tersebut seperti antara lain, Jeonnam Hampyeong Gun, Jeonnam Jangseong Gun dan Gwangju City Namgu Ward Office.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnakerin) Kota Tegal, R. Heru Setyawan, melakukan pertemuan dengan pihak Korea Selatan yang diwakili Mr. Bob Song dari Korean – Asean Culture Exchange Forum Korsel, sebelum dilakukan audiensi dengan Wali Kota yang akan diwakili Pj. Sekretaris Daerah Kota Tegal di Pringgitan, lingkungan Pemkot Tegal, Rabu, 14 September 2022 besok.

Advertisement

“Pembahasan ini menindaklanjuti penandatanganan kesepakatan bersama antara Indonesian South Korean Consorsium atau INKO dan Pemerintah Kota Tegal pada tanggal 10 Oktober 2020,” ujar Heru Setyawan.

Menurut Heru, MoU bernomor 05002/MoU-TEG/X/2020 dan nomor 560/002/MOU/2020 tentang Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia ke Negara Tujuan Penempatan Korea Selatan.

“Namun baru terealisasi tahun 2022 setelah selesai pandemi Covid-19.”

Sebelum pertemuan dengan Walikota Tegal, Kepala Disnakerin Kota Tegal R. Heru Setyawan melakukan pembicaraan intens dengan Mr. Bob Song, selaku management and coordination advisor Forum Pertukaran Budaya Korea – Asean, di Bahari Inn, Selasa, 13 September 2022 malam.

Pertemuan tersebut berfokus pada persoalan teknis penempatan tenaga kerja dari Kota Tegal yang akan ditempatkan di 3 (tiga) daerah sesuai kebutuhan tenaga kerja seperti Jeonnam Hampyeong Gun (100 – 150 tenaga kerja), Jeonnam Jangseong Gun (100 naker) dan Gwangju City Namgu Ward Office (100 orang).

Saat ditanya kenapa memilih Kota Tegal, Mr. Song menyampaikan bahwa Korsel melihat budaya kerja dan produktivitas warga Tegal dan sekitarnya cukup bagus. “Ini untuk pilot project kerjasama dalam penempatan seasonal worker,” ungkapnya

Hadir dalam pertemuan semalam antara lain Luthfi Sungkar, dan juga hadir Ramdani dari PT. Rahana Karindo Utama, Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI), yang akan membantu rekrutmen pencari kerja yang berminat bekerja di Korea Selatan.

Bagi para pencari kerja dapat memperolah informasinya langsung ke Disnakerin pada jam kerja atau datang ke Job Cafe kantor Disnakerin pada malam hari (19.00 – 21.30 WIB) di Jl. Hang Tuah No. 25 Kota Tegal. (Anis Yahya)