Nasional Ekspor Perdana Tekstil Kota Tegal ke USA

Ekspor Perdana Tekstil Kota Tegal ke USA

449
BERBAGI
Advertisement

Berita Merdeka – Kota Tegal melalui PT Dongcai Garment Indonesia akhirnya sukses melakukan ekspor perdana produk tekstil ke USA. Perusahaan garmen yang berlokasi di Jalan Mataram Kelurahan Muarareja dan sudah beroperasi sekitar setahun ini melakukan seremoni pelepasan ekspor perdana hari Jumat sore (6/1) dari halaman pabrik.

“Kalau sebelumnya produk kami diekspor melalui PT Sejin Global yang berlokasi di Balaraja Kabupaten Tangerang, mulai hari ini dan seterusnya akan melakukan ekspor secara langsung,” ungkap Pardini dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tegal dalam laporannya. Ditambahkan Senin depan (9/1) akan berangkat lagi kontainer membawa produk PT Dongcai dikirim ke Amerika Serikat, memenuhi permintaan buyer di sana.

Pimpinan PT Dongcai Mr. Kim Ki Kun dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas support dari Pemerintah Kota Tegal dan instansi lain seperti Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Tegal. Dia berharap usahanya tetap dapat berjalan baik, banyak pesanan dari buyer luar negeri, meski dunia menghadapi krisis ekonomi.

Advertisement

Kepala KPPBC Tegal Yudi Hendrawan memberikan apresiasi kepada PT Dongcai yang akhirnya berhasil melakukan ekspor. “Mudah-mudahan disusul dengan ekspor berikutnya, agar keberadaan perusahaan ini dapat menggerakkan roda perekonomian daerah,” harap Yudi.

Sementara itu, Kepala Disnakerin R. Heru Setyawan menyampaikan bahwa kehadiran PT Dongcai sebagai satu-satunya perusahaan kawasan berikat di Kota Tegal telah nyata memajukan iklim industri dan sekaligus berkontribusi dalam penyerapan tenaga kerja. “PT Dongcai sangat membantu tugas fungsi dinas kami, ketika industri maju maka para pencari kerja akan terserap, sebaliknya tenaga kerja kompeten yang kami siapkan akan dapat mendorong perkembangan industri, salah satunya industri garmen yang dijalankan PT Dongcai ini,” ungkap Heru. Dikatakan bahwa lebih dari 50 persen pekerja perusahaan garmen adalah warga Kota Tegal.

Ekspor perdana berupa baju renang sebanyak 3.120 karton berisi total 43.080 pieces ini akan dikirim ke USA melalui Pelabuhan Tanjung Priuk, dengan 2 kontainer ukuran 40 kali 20 feet.

Selain Pimpinan, jajaran Manajemen dan perwakilan pekerja, seremonial yang ditandai dengan potong tumpeng, pecah kendi dan lepas balon ini juga dihadiri berbagai instansi, seperti Disnakerin, Diskop UMKM Perdagangan, Kantor Bea dan Cukai, Asosiasi Pengusaha Kawasan Berikat (APKB), juga perwakilan Tim Swim USA Guntur dan Miss Viret dari Kamboja. Tampak hadir juga Sugiyono, SE, anggota Komisi 2 DPRD Kota Tegal.(Zaenal)