Regional Hingga Pukul 00.35 WIB, 49 Kapal Nelayan Kota Tegal Hangus Terbakar

Hingga Pukul 00.35 WIB, 49 Kapal Nelayan Kota Tegal Hangus Terbakar

326
BERBAGI
Advertisement

Berita Merdeka – Kebakaran hebat terjadi pada puluhan kapal nelayan yang sedang sandar di Pelabuhan Ikan Jongor, Tegalsari, Tegal Barat, Kota Tegal, Senin, 14 Agustus 2023 malam.

Api yang diperkirakan mulai terjadi pada sekira pukul 19.30 WIB, hingga pukul 00.35, telah menghanguskan lebih kurang 49 kapal nelayan dan apa kebakaran kapal itu masih berlangsung hingga tulisan ini angkat tayang.

Penyebab dari peristiwa kebakaran kapal nelayan di Pelabuhan Jongor itu belum diketahui secara pasti. Saat ini ratusan warga setempat berupaya melakukan pemadaman seadanya.

Advertisement

Saat ini sedang berlangsung para Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tegal yang cepat dataang ke lokasi, mengerahkan sekitar dua unit Damkar dan relawan dibanyu anggota TNI- Polri dan masyarakat.

Besarnya angin yang bertiup kencang selain menyulitkan proses pemadaman, hal itu semakin memperbesar kobaran api kebakaran kapal nelayan hingga dalam waktu singkat telah menghanguskan puluhan kapal nelayan.

Cepatnya api merambat ke kapal-kapal lain disamping angin yang bertiup kencang juga lantaran jarak parkir antar kapal dipelabuhan Jongor yang saling berdekatan sehingga memudahkan api melumat deretan puluhan kapal.

Disebutkan berdasarkan penuturan warga setempat, kapal yang pertama terbakar merupakan kapal yang memang sudah lama tidak beroperasi dan saat kebakar akhirnya merembet ke kapal yang lain. Posisi kebakaran cukup mengkhawatirkan karena letaknya juga berdekatan dengan pomp atau tempat pengisian bahan bakar.

“Iya mas posisi kebakaran sangat membahayakan karena letaknya berdekatan dengan tempat isi bahan bakar,” ujar seorang saksi mata dilokasi. (Anis Yahya)