Nasional PKB – Nasdem Segera Deklarasikan Dukungan Resmi Pasangan Capres Cawapres Anies –...

PKB – Nasdem Segera Deklarasikan Dukungan Resmi Pasangan Capres Cawapres Anies – Cak Imin

163
BERBAGI
Partai Demokrat menyatakan secara resmi pencabutan dukungan terhadap Capres Anies Baswedan dan keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang disampaikan Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Malarangeng. PKB dan Nasdem segera deklarasi dukungan Capres Anies - Cak Imin.
Advertisement

Berita Merdeka – Rapat Majelis Tinggi Partai Demokrat telah pada satu kesimpulan keputusan mencabut dukungannya terhadap Bakal Calon Presiden atau Bacapres Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 dan sekaligus menyatakan keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Pernyataan itu disampaikan Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Malarangeng di Puri Cikeas, Bogor, Jumat, 1 September 2023 setelah sehari sebelumnya Surya Paloh menemui Jokowi.

Disinyalir pertemuan Ketua Partai NasDem Surya Paloh dengan Jokowi berkutat pada pembahasan pemasangan Capres Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB Muhaimin Iskandar sebagai Calon Wakil Presiden.

Advertisement

RS Apung KM Laksamana Malahayati Milik PDI Perjuangan Merapat ke Pelabuhan Tegal

“Partai Demokrat mencabut dukungan Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024, demokrat tidak lagi berada di dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan karena terjadi pengingkaran kesepakatan yang dibangun selama ini,” ucap Andi.

Partai Demokrat 2 Maret 2023 untuk pertama kali mendeklarasikan dukungannya kepada Anies Baswedan sebagai bacapres.

Namun, karena pihaknya menganggap apa yang dilakukan NasDem dengan membuat keputusan sepihak tanpa melibatkan partai koalisi yang memasang Muhaimin Iskandar sebagai capres di pilpres 2024, maka hal itu dianggap sebagai sebuah sikap membelot. Demokrat lantas mengumumkan kepada publik Kamis 31 Agustus 2023 dengan pernyataan resmi mencabut dukungannya.

Marta Yandry Bacaleg DPR RI Demokrat Hadiri Reses Masa Sidang II Tahun 2023 Anggota DPRD Kota Tegal

“Rentetan peristiwa yang terjadi merupakan bentuk pengkhianatan terhadap semangat perubahan, pengkhianatan terhadap Piagam Koalisi yang telah disepakati oleh ketiga parpol,” ucap Sekjen Demokrat Teuku Riefky lewat siaran persnya, Kamis 31 Agustus 2023.

“Juga pengkhianatan terhadap apa yang telah disampaikan sendiri oleh Capres Anies Baswedan yang telah diberikan mandat untuk memimpin Koalisi Perubahan,” ucapnya.

PKB sendiri akan segera mematangkan duet Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam waktu tidak lama. Bahkan DPP PKB sudah menggelar rapat pleno di Jakarta keesokan harinya, Jumat 1 September.

Rencananya, PKB bersama NasDem hari ini Sabtu 2 September 2023 akan mendeklarasikan dukungan secara resmi kepada pasangan Anies-Cak Imin di Surabaya, Jawa Timur. (***)