Regional Jelang Idul Adha Pemerintah Kota Tegal Gelar Pasar Murah

Jelang Idul Adha Pemerintah Kota Tegal Gelar Pasar Murah

131
BERBAGI
Pj. Wali Kota Tegal Dadang Somantri Pastikan Pasokan Kebutuhan Bahan Pokok Aman menjelang Idul Adha
Advertisement

Berita Merdeka – Pemerintah Kota Tegal menggelar Pasar Murah dalam rangka Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) tahun 2024 di Halaman Citra Mandiri Jawa Tengah (CMJT) Alun-alun Kota Tegal, Kamis 13 Juni 2024

Menjelang perayaan Idul Adha 1445 H, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tegal, Dadang Somantri memastikan pasokan komoditas untuk kebutuhan bahan pokok masyarakat di Kota Tegal aman.

“Artinya tidak usah merasa khawatir ini akan kehabisan. Maka belanjalah yang bijak sesuai kebutuhan saja”, kata Dadang dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan Pasar Murah dalam rangka Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) tahun 2024

Advertisement

Pada kesempatan tersebut Dadang menyampaikan bahwa kegiatan pasar murah ini merupakan langkah konkrit kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, dan anggota Tim Penggendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Tegal dalam rangka memberikan akses terhadap pangan yang terjangkau oleh seluruh masyarakat.

Pj Wali Kota Tegal berharap dengan adanya pasar murah, inflasi akibat kekahwatiran masyarakat dalam menghadapi HKBN dapat berkurang.“Saya berharap seluruh unsur masyarakat di Kota Tegal Kompak dalam menstabilkan ekonomi menjaga supaya kondusifitas kegiatan perekonomian di Kota Tegal akan berjalan dengan baik,”ujar Dadang.

Selain itu Dadang juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak terlalu percaya dengan infromasi-informasi yang tidak benar seperti mengatakan harga barang akan naik.

“Harga-harga kita sudah lihat, laporan setiap hari dari kepala dinas sudah jalan, artinya setiap saat, kita pantau terus kalaupun misalnya ada penipisan barang yang ada di lapangan tapi saya kira di Kota Tegal belum pernah terjadi.

Untuk pasokan kita ada kerjasama dengan Kabupaten Brebes, kerja sama Kabupaten Tegal dan kerja sama dengan Kabupaten Pemalang untuk beberapa kebutuhan pokok yang biasanya ada peningkatan dan sumbernya ada di mereka, karena Kota Tegal ini importir,” ujar Dadang.

Sementara itu Analis Perdagangan Ahli Muda Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, Mieke, S.Si, menyampaikan bahwa kegiatan pasar murah ini juga sebagai upaya pemerintah membantu mempromosikan produk UKM dan kuliner Jawa Tengah.

Mike mengatakan bahwa paket sembako yang ditawarkan mencakup kebutuhan dasar seperti gula, beras, minyak goreng tepung, bawang merah, bawang putih, sayur, cabai, olahan ikan dan produk makanan dan minuman serta produk UKM lainnya.

Pihaknya juga menggandeng BUMN, BUMD, distributor beras dan retail modern untuk ikut berpartisipasi.

“Seperti Bulog yang akan menyediakan beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan, red) 100 pak, beras premium 100 pak, gula pasir 200 pak, minyak goreng 1 literan 200 liter,”ujar Mieke.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Jajaran Forkopimda Kota Tegal, Sekretaris Daerah Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono, TPID Kota Tegal dan Kepala OPD terkait.(Zaenal)