TNI - POLRI Dandim 0712 Tegal : Sabar dan Ikhlas, Modal Utama Hadapi Beragam Persoalan...

Dandim 0712 Tegal : Sabar dan Ikhlas, Modal Utama Hadapi Beragam Persoalan Kehidupan

57
BERBAGI
Dandim 0712 Tegal Letkol Inf Suratman, memberikan pesan dalam sambutannya usai pelaksanaan Sholat Idul Adha 1445 H / 2024 M di Lapangan Makodim 0712 Tegal, Senin, 17 Juni 2024
Advertisement

Berita Merdeka – Dandim 0712 Tegal Letkol Inf Suratman, S.I.P.,M.I.P memberikan beberapa poin pesan dalam sambutannya tentang hikmah Idul Adha adalah kesabaran sebagai modal utama hadapi segala macam cobaan dalam kehidupan.

Selain itu, Dandim 0712 Tegal Letkol Inf Suratman juga menyampaikan seputar tugas pokok pekerjaan Kodim diantaranya melakukan pembinaan terhadap wilayah pertahanan darat, yakni membina Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Alam dan juga buatan serta sarana dan prasarana kepentingan nasional.

Terakhir tentang fungsi Kodim, Dandim 0712 Tegal Letkol Inf Suratman menyatakan untuk membina kondisi sosial baik dari ideologi politik, ekonomi, sosial dan budaya untuk mendukung terlaksananya sistem pertahanan rakyat semesta.

Advertisement

“Kita ketahui bersama bahwa sistem pertahanan yang berlaku di Indonesia adalah pertahanan semesta, berbeda dengan negara-negara maju lainnya,” ujar Letkol Inf Suratman dalam sambutannya pada kegiatan Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1445 H /2024 yang digelar di Lapangan Makodim 0712 Tegal, Senin, 17 Juni 2024.

Pelaksanaan Idul Adha 1445 H / 2024 M oleh Kodim 0712 Tegal yang berlangsung dari pukul 06.45 WIB sd 07.20 WIB tersebut mengambil tema Jadikan Idul Adha 1445 H / 2024 M Sebagai Sarana Peningkatan Ketakwaan dan Kepedulian, dengan selaku Imam sholat dan Khotib oleh Ust. M. Faizal Amin, S.PdI.

Sholat Idul Adha 1445 H / 2024 M tersebut dihadiri selain Dandim 0712/Tegal Letkol inf Suratman S.I.P , M.I.P juga diikuti para perwira staf kodim 0712/Tegal, Danramil dan jajarannya, Ketua Persit KCK cabang tXXII dim 0712 Ny Uli Suratman serta masyarakat sekitar makodim 0712/ Tegal.

“Saya selaku pribadi keluarga dan sekaligus nama keluarga besar Kodim 0712/Tegal mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1445 Hijriyah atau 2024 Masehi. Saudara-saudari dan seluruh masyarakat Kabupaten dan Kota Tegal,” katanya.

Maka belajar dari keyakinan keteguhan Nabi Ibrahim kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, semoga menumbuhkan semangat dan patuh bagi kita umat Islam untuk senantiasa menjalankan perintah Allah Subhanahu ta’ala dengan keikhlasan, serta menjalani takdir kehidupan dengan ketabahan dan kebahagiaan.

Iman dan keyakinan peristiwa-peristiwa puluhan ribu tahun lalu papar Dandim, memiliki nilai penting yang akan selalu relevan dalam kehidupan dimasa kapanpun. Peringatan Hari Raya Idul Adha mengajak kita semua untuk senantiasa bercermin bahwa manusia atas kepemilikan diri dan kelompok, kesabaran merupakan modal utama yang harus ditumbuhkan kembangkan dalam rangka menghadapi beragam persoalan kehidupan di era globalisasi.

Disebutkan pula hal itu untuk meningkatkan kebersamaan peningkatan yang meneguhkan sikap kita untuk terus berupaya menyempurnakan jati diri sebagai manusia yang harus menjaga hubungan vertikal dengan Allah Subhana Wataala, dalam hubungan horizontal dengan sesama manusia serta tekun menjaga kelestarian alam dan ekosistem semesta yang kita cintai ini.

“Saya berharap pada hari Raya Idul Adha mengilhami kita semua untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berkualitas dan berkarakter pribadi yang baik dalam mewujudkan pembangunan masyarakat yang lebih maju khususnya di kabupaten Tegal dan kota Tegal,” harapnya.

Pada poin lainnya disampaikan Dandim, bahwa beberapa tugas pokok yang menjadi pekerjaan kodim adalah pembinaan terhadap wilayah pertahanan darat, membina sumber daya alam yang salah satu diantaranya sumber daya manusia, sumber daya alam dan buatan, serta sarana dan prasarana kepentingan nasional.

“Fungsi Kodim yang terakhir adalah membina kondisi sosial baik dari ideologi politik ekonomi sosial dan budaya yang mendukung terlaksana sistem pertahanan rakyat semesta. Kita ketahui bersama bahwa sistem pertahanan yang berlaku di Indonesia adalah pertahanan semesta berbeda dengan negara-negara maju lainnya,” jelasnya.

Ditambahkan oleh dirinya bahwa sistem utama pertahanan yaitu bagaimana kemanunggalan TNI dan rakyat dapat terjalin dengan baik seperti beberapa program yang sudah dilaksanakan oleh Kodim dalam membantu pemerintah daerah, salah satunya adalah memajukan beberapa desa yang terisolasi dan terisolir.

Salah satunya dalam pembukaan jalan pembangunan jembatan gantung di desa wotgalih atau Dusun Karangsari Desa Banjar Agung Desa Wanasari dan desa cenggini

Peringati Hari Lahir Pancasila, Dandim 0712 Tegal Gelar Silaturahmi dengan Wartawan, Ormas dan LSM

“Kami sangat mengharapkan dukungan peran serta dalam partisipasi aktif Dari seluruh elemen masyarakat Kabupaten Tegal dalam pembangunan dan peningkatan kekuatan tentara Indonesia yang berbanding lurus dengan kualitas sumber daya manusia yang merupakan salah satu visi dan misi dari Panglima TNI yaitu TNI yang profesional yang responsif TNI yang integratif TNI yang modern dan TNI yang adaptif,” tuturnya.

Hal itu katanya dalam rangka membangun, menghadapi serta mengatasi segala bentuk ancaman gangguan hambatan dan tantangan yang membahayakan integritas bangsa dan negara yang kita cintai ini. (Redaksi Berita Merdeka)