Regional Ini Pesan Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono pada Nelayan Hadapi Pemilu 2024

Ini Pesan Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono pada Nelayan Hadapi Pemilu 2024

77
BERBAGI
Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono saat menyampaikan pesannya pada masyarakat Nelayan untuk tidak golput di Halaman Kantor Kecamatan Tegal Barat, Jumat, 22 Desember 2023.
Advertisement

Berita Merdeka – Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono menjelang lengser akhiri masa jabatan yang semula di bulan Desember 2023 dan diundur tahun depan menyampaikan beberapa pesan pada warga Tegal Barat, Kota Tegal.

Pesan Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono berkisar tentang bagaimana masyarakat didalam menyikapi menjelang, saat dan pasca Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Ia berharap masyarakat menggunakan hak pilihnya dan tidak mengambil sikap sebagai kelompok golput pada Pemilu 2024 terutama bagi masyarakat Nelayan yang nanti pada saat pencoblosan betul-betul memastikan menggunakan hak pilihnya.

Advertisement

Walikota Tegal Dedy Yon Terima Satria Leader Award 2023

Tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum 2024 tersebut menjadi perhatian Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono saat melakukan Tatap Muka dengan masyarakat se-Kecamatan Tegal Barat, di Halaman Kantor Kecamatan Tegal Barat, Jum’at, 22 Desember 2023.

Dedy Yon meminta agar masyarakat Kecamatan Tegal Barat berbondong-bondong untuk mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal 14 Februari 2024.

“Jangan sampai golput, kita sukseskan pemilu 2024,” ujar Wali Kota Tegal.

Walikota Tegal Yakin Kedepan Kaum Wanita Bisa Tempati Posisi Penting di Pemerintahan

Khusus bagi Kelurahan Tegal Sari dan Muarareja, dimana banyak warganya yang bermata pencaharian nelayan, Dedy Yon minta agar pada saat hari H, pemilihan turut berpartisipasi. Ia berharap saat hari pemilihan umum tidak melaut.

Ia menghimbau agar ada kerjasama antara KPU dengan KUD Karya Mina, HNSI dan PNKT melakukan sosialisasi baik kepada nelayan dan pemilik kapal.

Bagi putra putri yang bekerja merantau atau kuliah diluar Kota, Dedy Yon juga menghimbau untuk tetap menyalurkan hak pilihnya.

Terkait dengan tingkat partisipasi pemilih, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Budi Saptaji menyampaikan pihaknya sudah melaksanakan pendidikan politik untuk masing-masing kecamatan.

Termasuk pendidikan politik untuk Kecamatan Tegal Barat, salah satunya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilihan umum 2024 mendatang.

Selain di masing-masing kecamatan, pihaknya juga menyasar sosialisasi di sekolah-sekolah bagi pemilih pemula.

Budi Saptaji menjelaskan Tingkat Partisipasi Pemilu 2019 Pemilu Presiden dan Wakil Presiden sebesar 75,84%, Pemilu Legislatif 75,49%.

Untuk Tingkat Partisipasi Pemilihan 2018, Pilgub Jateng sebesar 71,05%, sedangkan untuk Pilwakot Tegal tingkat partisipasi sebesar 70,97%.

Dan jika dibagi perkecamatan, tingkat partisipasi Pilpres 2019 per kecamatan, Kec. Tegal Selatan 80,98%, Kec. Margadana 62,85%, Kec. Tegal Barat 83,34%, Kec. Tegal Timur 82,26%.

Sementara Camat Tegal Barat, Edy Sudirman sebagai tuan rumah mengucapkan selamat datang kepada Wali Kota dan jajaran OPD di Lingkungan Pemkot Tegal.

Pada kesempatan itu, Camat menggambarkan profil dan keadaan wilayah serta capaian kerja Kecamatan Tegal Barat di hadapan Wali Kota dan warga. (***)