Pendidikan HM Jumadi Lantik 741 Anggota Pramuka Garuda Kota Tegal

HM Jumadi Lantik 741 Anggota Pramuka Garuda Kota Tegal

182
BERBAGI
Dr. HM Jumadi, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tegal melantik untuk ke 4 kalinya 714 anggota Pramuka Garuda di GOR Wisanggeni, Rabu, 21 Februari 2024
Advertisement

Berita Merdeka – Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tegal, Dr HM Jumadi, ST, MM melantik 741 Pramuka menjadi anggota Pramuka Garuda di GOR Wisanggeni, Kota Tegal, Rabu, 21 Februari 2024.

714 Pramuka yang dilantik menjadi anggota Pramuka Garuda tersebut berasal dari berbagai golongan mulai dari Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega.

Karena Pramuka Garuda merupakan tingkatan tertinggi dalam Gerakan Pramuka, maka untuk lolos menjadi anggota Pramuka Garuda harus melewati berbagai tahapan ujian.

Advertisement

Ujian dilaksanakan baik praktek maupun ujian tertulis yang dilakukan oleh para pembina gugus depan masing-masing yang hasilnya dibuat portofolio dan diverifikasi serta di uji ulang oleh Pelatih Pramuka dari Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tegal.

“Hari ini sengaja kami mengumpulkan anggota pramuka dari semua golongan menjadi satu di GOR Wisanggeni Kota Tegal, guna melaksanaan upacara pelantikan anggota Pramuka Garuda,” tutur Hary Purwanto, SH, Selaku Ketua panitia sekaligus Andalan Cabang BINSAT Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Tegal.

Upacara pelantikan anggota Pramuka Garuda Kota Tegal itu diikuti dengan prosesi sungkeman dan membasuh kaki orang tua dengan maksud sebagai perwujudan bakti pada orang tua dan juga permohonan doa restunya.

Menurut Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tegal HM Jumadi, bahwa pelantikan Pramuka Garuda di Kota Tegal merupakan pelantikan yang pertama di Jawa Tengah.

“Ini pencapaian yang luar biasa, saya kira di kwartir di Jawa Tengah untuk tahun ini baru kita doang dan kwarcab yang lain belum,” ujar HM Jumadi usai melantik anggota Pramuka Garuda.

Lebih lanjut dikatakan Jumadi bahwa Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tegal telah melaksanakan kegiatan sebanyak 4 kali pelantikan anggota Pramuka Garuda dengan total jumlah semuanya 2748 anggota Pramuka Garuda.

Terkait adanya prosesi sungkem terhadap orang tua dan juga membasuh kaki ibu, masih menurut Jumadi hal itu merupakan prinsip dari ajaran yang ditanamkan dalam setiap anggota Gerakan Pramuka.

“Pramuka Garuda inikan capaian yang paling tertinggi, karena dalam capaian pramuka tertinggi itu bagaimana kita menjaga etika, adab kemudian menghargai orang tua khususnya ibu,” terangnya.

Senada dengan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tegal, Tim Pelatih Pramuka Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tegal mengatakan pramuka mengajarkan pada peserta didik unruk menyadari tentang pentingnya nilai-nilai adab selain ilmu yang didapat.

“Disinilah kita mengajarkan pada peserta didik sebagai anggota pramuka yang menekankan karakter untuk lebih menghormati orang tua, karena kita lebih mendahulukan adab sebelum ilmu. Agar peserta menyadari bahwa setinggi dan sepintar apapun kita bila tak memiliki adab pada orang tua atau orang yang dituakan tak akan ada guna,” ungkap Aziz Ma’ruf.

Menurut Azis Ma’ruf, SPd, prosesi pelantikan yang diikuti seluruh peserta berjalan sangat hidmat.Karena tidak memungkinkan untuk menghadirkan seluruh orang tua dari anggota Pramuka yang akan dilantik menjadi anggota Pramuka Garuda, maka cukup perwakilan masing-masing Kwartir Ranting atau Kwarran untuk dilantik dengan didampingi orang tua mereka. (Anis Yahya / Aziz Ma’ruf)