Regional Perumda Air Minum Tirta Bahari Kota Tegal Alami Lonjakkan Pelanggan 100 persen

Perumda Air Minum Tirta Bahari Kota Tegal Alami Lonjakkan Pelanggan 100 persen

109
BERBAGI
Advertisement

Berita Merdeka – Sebagai ungkapan rasa syukur, Perumda Air Minum atau PDAM Tirta Bahari Kota Tegal dalam rangka peringati HUT ke 48 tahun dengan peresmian tempat ibadah atau Musholla.

Musholla Perumda Air Minum atau PDAM Tirta Bahari yang dibangun diatas lahan seluas 72 m2 menelan biaya Rp650 juta itu diresmikan oleh Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, Selasa, 23 Januari 2024.

Menurut Direktur Utama Perumda Air Minum atau PDAM Tirta Bahari, Hasan Suhandi mengatakan bahwa pembangunan Musholla yang terletak dibelakang gedung itu dibiayai sendiri dari anggaran perusahaan BUMD Perumda Tirta Bahari Kota Tegal.

Advertisement

“Anggaran (pembangunan musholla) itu semuanya dari BUMD kita sendiri jadi alkhamdulillah kegiatan itu dicover oleh biaya kita sendiri semuanya,” ujar Direktur Utama Perumda Tirta Bahari Kota Tegal, Hasan Suhandi pada beritamerdeka.co.id sesaat sebelum acara peresmian dimulai.

Dengan dibangunnya Musholla tersebut menurut Hasan Suhandi diharapkan para pegawai PDAM Tirta Bahari sembari bekerja melayani masyarakat dengan selalu mengingat pada kenikmatan Tuhan.

“Harapan kami semua pekerja karyawan karyawati perumda air minum bekerja melayani masyarakat juga kita selalu mengingat kenikmatan yang diberikan sama Tuhan yang Maha Esa. Saya sudah warning pada teman-teman bahwa bekerja di Perumda Air Minum Tirta Bahari ini dunia akherat,” tuturnya.

Peresmian Musholla Perumda Air Minum Tirta Bahari Kota Tegal ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono dan pengguntingan untaian melati yang didampingi Direktur Perumda Air Minum Tirta Bahari, Hasan Suhandi, Dewan Pengawas H. Drs. Ahmad Firdaus Muhtadi.

Acara juga dihadiri Ketua Baznas Kota Tegal H. Harun Abdi Manap dan beberapa Kepala OPD dilingkungan Pemkot Tegal serta karyawan karyawati Perumda Air Minum Tirta Bahari Kota Tegal.

Hasan Suhandi dalam sambutannya menyebutkan bahwa capaian pelayanan terhadap masyarakat oleh Perumda Air Minum Tirta Bahari Kota Tegal yang dipimpinnya telah mencapai 80%.

Hal itu pula nampaknya yang mempengaruhi lonjakkan jumlah pelanggan yang di tahun 2019 baru mencapai 20 ribuan pelanggan, kini di tahun 2024 jumlahnya berlipat menjadi 43 ribu pelanggan.

“Insya Allah laba kita di tahun ini 11 miliar 43 juta rupiah, yang untuk target dari Bakeuda Insya Allah 4,75 miliar akan tercapai,” papar Hasan Suhandi.

Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono merespond dengan mengapresiasi lonjakkan jumlah pelanggan tersebut yang dicapai dalam waktu relatif singkat hanya 4 tahun lebih dari 2019 – 2024 terjadi penambahan 23 ribu pelanggan.

“Untuk capaian di tahun 2019, awal saya menjabat, itu 19 ribuan, sekarang hampir 43 ribu pelanggan. Ini sangat signifikan,” kata Walikota Tegal.

Menurutnya jika dibandingkan efektifitas periode lamanya waktu, di HUT Perumda Air Minum Kota Tegal yang ke 48, maka selama 44 tahun kebelakang sebelum 2019, hanya memperoleh capaian jumlah Pelanggan sebanyak 20 ribuan.

Sedangkan 4 tahun terakhir setelah 2019, perusahaan BUMD Air Minum itu dapat meraup penambahan pelanggan sebanyak 23 ribuan pelanggan. Total jumlah pelanggan Perumda Air Minum Kota Tegal di tahun 2024 menjadi 43 ribuan pelanggan.

“Jadi 44 tahun itu 20 ribu (pelanggan) saja engga dapat, kalah sama 4 tahun dengan ghiroh betul-betul berbeda, semangat berbeda, ini bisa (mencapai) 23 ribu pelanggan,” kata Dedy Yon.

Pada kesempatan itu, Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Bahari Kota Tegal H. Drs. Ahmad Firdaus Muhtadi berpesan agar karyawan dapat memakmurkan mushola.

“Sulit memakmurkan dan meramaikan mushola, lebih gampang membangun mushola. Oleh karena itu, saya mengajak semua karyawan wabil khusus Direktur dan Wakil Direktur, mari kita ramaikan mushola ini. Semoga kantor ini berkah, tidak ada masalah dan karyawannya diberi kesehatan dan tidak ada masalah apapun,” harap Firdaus yang juga meminta karyawan dapat meramaikan mushola dengan pengajian maupun bimbingan mental spiritualnya. ***