Regional Kak Dedy Yon dan Kak Jumadi Ketemu Dikemeriahan Tepuk Pramuka

Kak Dedy Yon dan Kak Jumadi Ketemu Dikemeriahan Tepuk Pramuka

398
BERBAGI
Kedua pimpinan Kota Tegal ini Kak Dedy Yon dan Kak Jumadi dapat ketawa-ketiwi bersama pada Hari Pramuka ke-62 di Bumi Perkemahan, kawasan Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal, Senin, 14 Agustus 2023
Advertisement

Berita Merdeka – Praja Muda Karana atau disingkat Pramuka tahun 2023 ini memasuki usia tahun ke 62. Di Kota Tegal, upacara peringatannya dipusatkan di Bumi Perkemahan, kawasan Pantai Alam Indah (PAI), Senin, 14 Agustus 2023.

Semua tingkatan dalam Praja Muda Karana atau Pramuka seperti Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak serta Pandega Kota Tegal terlibat dalam kegiatan perayaan peringatan HUT Pramuka ke-62 tersebut.

Dua kakak pimpinan Kota Tegal yang nampaknya selama ini berseteru tiada akhir yaitu Kak Dedy Yon (Walikota Tegal) dan Kak Jumadi (Wakil Walikota Tegal) bertemu dalam kemeriahan tepuk pramuka di HUT Pramuka ke-62.

Advertisement

Keduanya asyik-masyuk bercengkrama ditengah kesaksian para OPD, pengurus kwarcab Kota Tegal, para Andalan, pamong Saka dan para yang hadir lainnya.

Kak Dedy Yon Supriyono yang juga Walikota Tegal dalam amanatnya menyampaikan bahwa Pramuka harus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dan proposional sesuai tema Peringatan Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023.

Selain itu, pramuka juga diharapkan memiliki wawasan kebangsaan.

“Selain meningkatkan kualitas SDM, wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara,” ujar Kak Dedy.

Terlebih menurutnya, sekarang akan menghadapi tahun politik, persatuan dan kesatuan gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan.

Kak Dedy Yon juga menyampaikan usia Pramuka ke-62, namun demikian pada tahun 2023 ini juga merupakan peringatan 111 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada seiak tahun 1912.

Kak Dedy atau Wali Kota Tegal berharap, gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program-program pemerintahan serta menangani pendidikan nonformal dalam pembentukan karakter.

Harus diakui, jumlah sumber daya manusia yang ada di gerakan Pramuka, khususnya para pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka jumlahnya masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas pembina serta pelatih pembina pramuka harus terus dapat ditingkatkan.

“Mari kita tingkatkan semangat kepramukaan dalam menjalankan ajaran dan nilai-nilai pramuka. kita memiliki tugas besar untuk terus menginspirasi dan membimbing generasi muda agar dapat tumbuh menjadi individu yang berintegritas, berwawasan luas, dan memiliki dedikasi tinggi dalam melayani masyarakat,” pesannya.

Dalam upacara tersebut juga diserahkan Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Pancawarsa Kwartir Daerah Jawa Tengah tahun 2023 kepada 8 orang dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah, dan Lencana Dharma Bhakti kepada 2 orang Penggiat Pramuka dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. (Anis Yahya)