Regional Meneguhkan Khidmat untuk Kota Tegal yang Bermartabat, PCNU Kota Tegal Gelar Konfercab...

Meneguhkan Khidmat untuk Kota Tegal yang Bermartabat, PCNU Kota Tegal Gelar Konfercab ke-XIV

158
BERBAGI
PCNU Kota Tegal menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) ke-XIV
Advertisement
PCNU Kota Tegal menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) ke-XIV

Berita Merdeka – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Tegal menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) ke-XIV yang berlangsung di Pondok Pesantren Nahdlatul Ulama Kota Tegal, Minggu (19/5) pagi.

Konfercab ke XIV PCNU Kota Tegal dibuka langsung oleh Katib Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Muhammad Aunullah A’la Habib didampingi Penjabat (Pj) Wali Kota Tegal, Dadang Somantri, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah, KH Abdul Ghafar Rozin, Ketua PCNU Kota Tegal, H. Abdal Hakim Tohari dan Rois Syuriyah PCNU Kota Tegal, KH Misbachul Musthofa yang ditandai dengan pemukulan rebana secara serempak.

Ketua PCNU Kota Tegal, H. Abdal Hakim Tohari dalam sambutannya mengatakan bahwa PCNU Kota Tegal telah berkhidmat selama lima tahun, sesuai dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) pasal 3 ART 80 dan Peraturan Perkumpulan (Perkum) 9 pasal 14, maka cabang NU harus menyelenggarakan konferensi cabang.

Advertisement

“Oleh karena itu, dengan persetujuan PBNU pada tanggal 8 Mei 2024, maka pada hari ini PCNU menggelar Konfercab yang ke-XIV tahun 2024. Semoga mendapatkan hasil ketetapan yang membawa kemajuan NU dan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut Abdal Hakim menyampaikan bahwa Konfercab kali ini mengambil tema “Meneguhkan khidmat untuk Kota Tegal yang bermartabat”.

Untuk mencapai hal tersebut, Abdal Hakim menyampaikan perlu adanya revitalisasi pada organisasi NU, yaitu dengan mengelola organisasi dengan manajemen yang modern tetapi tidak meninggalkan nilai-nilai luhur yang telah ditanamkan oleh para ulama NU.

Di kesempatan yang sama Pj. Wali Kota Tegal, Dadang Somantri mengatakan bahwa Konfercab merupakan momentum yang sangat penting khususnya bagi keluarga besar NU di tingkat cabang.

“Melalui konfercab ini kita akan mengevaluasi program kerja yang telah dilaksanakan, merumuskan kebijakan strategis untuk masa yang akan datang serta memilih dan menetapkan pengurus yang baru. Semua ini dilakukan demi kemajuan organisasi dan peningkatan kontribusi NU terhadap umat dan bangsa,” ujar Dadang Somantri.

Pada kesempatan tersebut Dadang juga mengapresiasi tema konfercab PCNU kali ini yang berkaitan dengan membangun Kota Tegal. Maka dari itu, Dadang berharap NU dapat berperan aktif dan memberi warna, yang di sisi lain juga meningkatkan pendidikan.

Sementara itu, Ketua PWNU Jateng, KH Abdul Ghafar Rozin mengajak kepada seluruh hadirin untuk menata barisan.

“NU itu besar, dan harus terlihat besar, NU itu banyak dan harus terlihat banyak, NU tidak boleh dipandang orang lain sebagai sebuah kerumunan, ia adalah barisan. Karena dia barisan, maka penataan NU perlu terorkestrasi mulai atas sampai bawah. Maka urusan tegak lurus ke atas itu perlu menjadi isu bersama-sama dan menjadi tanggung jawab bersama,” ujar Abdul Ghafar.

Abdul Ghofar berharap konferensi cabang hari ini dapat menghasilkan suatu konsensus hasil-hasil rekomendasi yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas ke-NU-an dan dakwah kepada umat.(Zaenal)