Regional Gaungkan Imunisasi Bupati Tegal Canangkan Gebyar Posyandu

Gaungkan Imunisasi Bupati Tegal Canangkan Gebyar Posyandu

113
BERBAGI
Advertisement

BeritaMerdeka, Tegal – Gebyar Posyandu di Bulan Agustus 2022 sekaligus pemberian vitamin A, obat cacing, dan imunisasi pada anak yang terlewat karena terhalang pandemi.

Dalam giat tersebut Bupati Tegal Umi Azizah resmi canangkan Gebyar Posyandu 2022 di Balai Desa Harjosari Kidul, Kecamatan Adiwerna.

Pencanangan Gebyar Posyandu tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Sabilillah Ardie sekaligus sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dan unsur Forkopimda Kabupaten Tegal.

Advertisement

Menurut Bupati Tegal, stunting merupakan kondisi pertumbuhan panjang atau tinggi badan pada anak balita yang tidak sesuai dengan usianya akibat kekurangan gizi kronis.

Stunting mengindikasikan pembentukan fungsi sel tubuh yang tidak sempurna. Selain menjadikan kekebalan tubuhnya lebih rendah juga berisiko tinggi mengidap penyakit tidak menular saat tumbuh dewasa nanti.

Anak dengan kondisi stunting cenderung memiliki kemampuan koginitif yang rendah, sehingga mempengaruhi kecerdasan intelektualnya, disamping mudah mengalami gangguan pemusatan konsentrasi belajar yang berpengaruh pada prestasinya di sekolah.

Guna mensukseskan percepatan penurunan stunting sebagai program prioritas nasional, Kabupaten Tegal telah menargetkan angka prevalensi stunting di tahun 2024 di bawah 24,5 persen dari kondisi eksisting yang mencapai 28 persen berdasarkan hasil studi status gizi Indonesia (SSGI).

Sehingga pada pelaksanaan Gebyar Posyandu tahun ini pihaknya memfokuskan pada pendataan ibu hamil, ibu menyusui dan pengukuran balita di 1.540 Posyandu yang tersebar di Kabupaten Tegal.***