Regional Pendaftaran Calon Prajurit Keraton Yogyakarta Dibuka, Simak Syarat Berikut Ini

Pendaftaran Calon Prajurit Keraton Yogyakarta Dibuka, Simak Syarat Berikut Ini

104
BERBAGI
Advertisement

Berita Merdeka – Pendaftaran Keprajuritan Keraton telah dibuka mulai hari Minggu, 21 Agustus 2022 hingga Rabu, 21 September 2022.

Syarat utama dari calon prajurit yang diperkenankan mendaftar adalah bersedia mengabdikan diri pada Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat,

Memiliki semangat dalam Nguri-uri atau melestarikan kebudayaan khususnya seni keprajuritan, dan diutamakan untuk orang-orang yang telah tergabung dalam Bregada Rakyat, dibuktikan dengan adanya surat rekomendasi dari pengurus bregada setempat.

Advertisement

KPH Notonegoro selaku Penghageng Kawedanan Keprajuritan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menerangkan bahwa Pendaftaran calon prajurit baru ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Abdi Dalem Prajurit.

Salah satu tujuannya bertugas di berbagai upacara keraton yang kerap diadakan pihak kerajaan sejak berdirinya Keraton Ngayogyakarta.

Sesuai dengan perkembangan jaman, sistem perekrutan ini kami lakukan secara terbuka, transparan, dan akuntabel melalui proses seleksi administratif dan seleksi keterampilan,” ungkapnya

Dilansir dari siaran resmi Kawedanan Tandha Yekti The Palace Official Bureau of Information and Media bahwa Keraton Yogyakarta  mengutamakan para pendaftar pengalaman sebagai bregada rakyat di daerahnya masing-masing.

Berikut syarat administrasi diantaranya membuat surat pengajuan diri menjadi prajurit, ditujukan kepada Penghageng Kawedanan Keprajuritan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Surat rekomendasi dari pengurus bregada rakyat, SKCK terbaru (asli dan fotokopi), fotokopi ijazah pendidikan terakhir (minimal SMP/sederajat), fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga/C-1.

Surat keterangan sehat terbaru dari dokter ataupun puskesmas dan melampirkan nomor telepon yang dapat dihubungi serta pas foto terbaru dengan latar belakang berwarna merah ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar, 3×4 sebanyak 4 lembar, dan 2×3 sebanyak 4 lembar.

Selain syarat lainnya mengenai batas usia calon prajurit dari 22 – 40 tahun, tinggi badan minimal 165 cm dengan berat badan proporsional; dan sehat secara jasmani maupun rohani, tidak cacat fisik maupun mental.

Berkas dapat dikirimkan melalui email  keprajuritankratonjogja@gmail.com atau WhatsApp di nomor 089618557665 (a.n Nyi MB. Bondansari) atau datang langsung ke Tepas Keprajuritan di Pracimosono, Keraton Yogyakarta, setiap hari hari (kecuali hari Senin) pukul 10.00-12.00 WIB.

Proses rekrutmen kali ini akan melalui beberapa tahapan seleksi diantaranya seleksi administrasi, seleksi fisik, seleksi akhir dan hasil tahapan seleksi akan diinformasikan melalui kontak yang sudah dicantumkan. ***