Regional Romansa Pancasila Pekan Raya Diramaikan Beberapa Artis Ibukota dan Ratusan UMKM

Romansa Pancasila Pekan Raya Diramaikan Beberapa Artis Ibukota dan Ratusan UMKM

232
BERBAGI
Ratusan UMKM ramaikan Romansa Pancasila Pekan Raya Kota Tegal
Advertisement

Berita Merdeka – Sebanyak 200-an Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tegal dan sekitarnya meramaikan Romansa Pancasila Pekan Raya. Para UMKM tersebut bergerak dalam bidang usaha yang bervariasi, seperti kuliner, kerajinan, aksesoris dan lain sebagainya.

Selain UMKM, kehadiran beberapa artis ibukota juga turut meramaikan perhelatan tersebut, diantaranya Wika Salim, Cupi Cupita, Iva Lola, serta penampilan classic rock dari musisi senior nasional.

Romansa Pancasila Pekan Raya yang dihelat selama lima hari, mulai 28 September hingga 2 Oktober 2022 dibuka secara resmi oleh Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono pada Rabu malam 28 September 2022 di Jl. Pancasila Kota Tegal. Hadir anggota Forkopimda Kota Tegal, Pj. Sekda Kota Tegal, Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemkot Tegal.

Advertisement

Wali Kota dalam sambutan pembukaannya meminta kegiatan untuk menggerakkan ekonomi Kota Tegal tersebut dapat dilaksanakan secara rutin satu bulan sekali.

“Saya ucapkan terima kasih kepada para pedagang yang ikut berpartisipasi dan berbagai pihak yang mendukung acara ini,” ungkap Wali Kota yang juga menyebut kegiatan rutin yang dilaksanakan di Kota Tegal bertujuan menjadikan Kota Tegal sebagai kota event, juga menjadikan Kota Tegal sebagai destinasi wisata yang tentunya mengundang massa dalam jumlah yang besar.

Disebutkan Wali Kota, selain event rutin dalam rangka menyabut pergantian tahun, di bulan Oktober, November dan Desember, Kota Tegal akan dimeriahkan berbagai event yang menarik dan mengibur masyarakat. Seperti pada 15 Oktober direncanakan akan digelar konser Slank, mendatangkan bintang tamu Via Vallen, Nella Kharisma, Tasya Rosmala dan lain sebagainya.

“Dalam waktu dekat kita fokus di Jl. Ahmad Yani untuk pembukaan Wisata Pelayanan Publik dengan kegiatan ada food truck dan panggung hiburan di Lampu Merah Gantung. Selama dua bulan, mohon maaf, ada barangkali ada kegiatan penghalusan aspal. Karena nanti Taman Pancasila bisa untuk kegiatan untuk bersepatu roda. Nanti mas-mas, mba-mba, punya hobi bersepatu roda silakan menyalurkan hobinya,” tutur Wali Kota.

Sementara Direktur PT Wahana Berita Merdeka, Anis Yahya, selaku penyelenggara Romansa Pancasila Expo menyatakan penyelenggaraan kegiatan Romansa Pancasila Pekan Raya merupakan kegiatan untuk kali kedua yang diadakan pihaknya. Sebelumnya pergelaran pertama yakni Sebayu Pasar Raya dilaksankan pada tanggal 13-15 Agustus lalu.

“Insya Allah kita akan terus melaksanakan serangkaian kegiatan sejenis ini pada waktu kedepan semata-mata sebagai respon atas upaya-upaya pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah khususnya Kota Tegal untuk menggenjot iklim ekonomi yang sempat terpuruk akibat badai pandemi Covid-19,” tutur Anis Yahya.

Ditambahkannya, mendorong peningkatan pelaku usaha UMKM/IKM menjadi kewajiban bersama. Maka tidak ada alasan untuk tidak mendukung kegiatan positif ini. Selain meringankan beban pemerintah dalam berkalkulasi mensejahterakan masyarakat juga akan berimplikasi pada peningkatan pendapatan masyarakat.

“Kegiatan ini juga membawa berkah semua pihak baik yang terlibat secara langsung maupun yang tidak langsung. Dari dinamika pergelaran ini terbukti terdapat lebih dari 200-an UMKM sebagai peserta. Itu artinya ada peningkatan denyut nafas perekonomian yang sangat kondusif dengan meningkatnya peredaran keuangan di Kota Tegal,” pungkas Anis Yahya.

Romansa Pancasila Pekan Raya selain mendisplay UMKM dengan produk kuliner dan makanan khas daerah, juga dilaksanakan food bazaar, Tegal fashion, Barongsai, dan lagu-lagu Tegal. Tak ketinggalan dilaksanakan perlombaan seperti lomba karaoke ambyar, senam bersama, videography, lomba fashion, lomba mewarnai, dan lomba tari daerah.