Profil Jalsan Deklarasikan Dukung Irjen Ahmad Luthfi sebagai Gubernur Jawa Tengah

Jalsan Deklarasikan Dukung Irjen Ahmad Luthfi sebagai Gubernur Jawa Tengah

79
BERBAGI
Ki Suwatmo Al Ayyubi, Koordinator Jalsan atau Jaringan Ahmad Luthfi Santri Sultan Agung Kota Tegal pada acara Deklarasi Halaqqol Muharrik di RM Dapoer Sarilah, Kalinyamat Wetan, Tegal Selatan, Kota Tegal, Senin, 6 Mei 2024
Advertisement

Berita Merdeka – Menjelang pelaksanaan Pilkada khususnya untuk pencalonan Gubernur Jawa Tengah, dukungan terhadap Akhmad Luthfi sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah mulai mengalir.

Dukungan Pencalonan tersebut dideklarasikan oleh Jaringan Ahmad Luthfi Santri Sultan Agung Kota Tegal atau Jalsan dengan tajuk Deklarasi Halaqqal Muharrik, yang dilaksanakan di RM Dapoer Sarilah, Kalinyamat Wetan, Tegal Selatan, Kota Tegal, Senin, 6 Mei 2024.

Menurut Koordinator Jalsan Kota Tegal, Suwatmo Al Ayyubi jaringan tersebut dibangun sebagai dukungan terhadap rencana pencalonannya Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi karena adanya kesamaan visi dan misi.

Advertisement

Hadir dalam kegiatan tersebut beberapa santri dari 4 kecamatan, Tegal Timur, Tegal Barat, Tegal Selatan dan Margadana yang menyampaikan beberapa masukkan dari masyarakat khususnya dari kalangan santri.

Alasan Ki Watmo kenapa pihaknya mendukung Ahmad Luthfi karena adanya ikatan emosional ideologis dimana Ahmad Luthfi sendiri pernah aktif di PMII dan juga pernah mengenyam pendidikan kesarjanaannya di Sunan Ampel Surabaya.

“Pada malam hari ini halaqqoh Muharrik, kita menyamakan persepsi dulu teman-teman penggerak, sama-sama di organisasi kepemudaan, sama-sama di organisasi besar juga sama-sama di alumni ketika ada kegiatan halaqqoh atau bahtsul masail, jadi kita sudah sering ketemu dengan alumni,” ujar Ki Watmo usai memberikan sambutan.

Jalsan sendiri merupakan akronim dari Jaringan Ahmad Luthfi Santri Sultan Agung yang sebelumnya kepanjangan dari Jaringan Alumni Santri.

Namun karena adanya satu kesamaan persepsi dalam dukungannya terhadap pencalonan Irjen Drs Ahmad Luthfi sebagai Gubernur Jawa Tengah, maka mereka bersepakat merubah akronim tersebut menjadi Jaringan Ahmad Luthfi Santri Sultan Agung.

Penggunaan nama Sultan Agung menurut Ki Watmo, merujuk pada kewilayahan Jawa Tengah dimana para santri yang tersebar diberbagai wilayah di Indonesia berasal dari Jawa Tengah dan terhimpun dalam Jaringan Alumni Santri.

Kini, Jalsan yang sementara ini bermetamorfosis dari Jaringan Alumni Santri menjadi Jaringan Ahmad Luthfi Santri Sultan Agung mendeklarasikan kesiapannya untuk mendorong dan mengusung pemenangan Irjen Drs Ahmad Luthfi untuk menjadi Gubernur Jawa Tengah. (Anis Yahya)