Pendidikan Siswa SMA Negeri 1 Kota Tegal Unjuk Kebolehan di JKPI Semarang

Siswa SMA Negeri 1 Kota Tegal Unjuk Kebolehan di JKPI Semarang

99
BERBAGI
Advertisement

Berita Merdeka – Kota Tegal menjadi salah satu Kota yang mengikuti kegiatan Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dan hari ini memberangkatkan siswa SMA 1 Negeri Kota Tegal ke Semarang. Selasa, 22 Agustus 2023.

Dalam menyalurkan hobinya sekaligus meneruskan budaya Indonesia salah satunya melalui “Sintren” Pentas Seni dan Kirab Budaya yang berlangsung digelar selama tiga hari. Sebanyak 20 siswa SMA 1 Negeri Kota Tegal siap unjuk kebolehannya.

Walikota Tegal melalui Kadisdikbud Kota Tegal M. Ismail Fahmi menyampaikan Alhamdulillah tahun ini Kota Tegal diberikan kesempatan untuk menampilkan tari yang berasal dari Kota Tegal yaitu Tari Sintren Kreasi Baru, ini mengahadirkan 20 penari dari Kota Tegal yang akan tampil saat pembukaan JKPI di Semarang.

Advertisement

Ini merupakan kegiatan Kota-Kota yang ditetapkan menjadi Kota Pusaka mengagendakan satu kegiatan satu tahun sekali untuk saling bertemu melakukan Rapat Kerja Nasional) (RAKERNAS) untuk bersama-sama mengoptimalkan didaerahnya masing-masing menjadi daerah Pusaka.

Baik itu Cagar Budaya ataupun aspek-aspek lain yang dioptimalkan agar bisa memelihara warisan budaya bangsa, termasuk warisan budaya seperti tari-tarian, kuliner, adat istiadat khas daerah masing-masing.

Peserta Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) itu banyak bukan hanya dari Kota Tegal saja, seperti Kota Semarang, Kota Yogyakarta, dan lain sebagainya dari seluruh Indonesia.

Semoga ini menjadi pengalaman yang baik untuk para perwakilan penari dari Kota Tegal yang tergabung dalam sanggar budaya Kota Tegal dan menjadikan anak-anak semakin mencintai budaya daerah Kota Tegal dalam hal ini Tari Sintren. Ungkap Ismail Fahmi. (Anis Yahya / Zaenal)