TNI - POLRI Tegal sebagai Cikal Bakal Korps Marinir dan Sekolah AL Pertama Indonesia

Tegal sebagai Cikal Bakal Korps Marinir dan Sekolah AL Pertama Indonesia

211
BERBAGI
Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah berpamitan dengan Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro untuk meneruskan tugasnya
Advertisement

Berita Merdeka – Tegal menjadi cikal bakal berdirinya Korps Marinir dan Sekolah AL pertama yang ada di Indonesia, hal itu disampaikan ketua DPRD Kota Tegal saat menerima kunjungan dari Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah bersama pimpinan Lemdik TNI AL, Kamis, 30 Mei 2024

Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro,ST menyampaikan Tegal di sini adalah salah satu poin penting berdirinya TNI AL, Korps Marinir dan Sekolah Angkatan Laut pertama yang ada di Indonesia, Sebab di Tegal, dulunya ada sekolah perwira di Kalibakung Kabupaten Tegal dan sekolah bintara di Jalan Gajah Mada Kota Tegal.

Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, kedatangannya bersama rombongan untuk melaksanakan napak tilas dan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) dan Monumen Perjuangan TNI AL di Kalibakung, Kabupaten Tegal.

Advertisement

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang jasa dan mendapatkan spirit dari pejuang TNI AL. ” Ungkapnya Kusnendro.

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Angkatan Laut (Hardikal) ke-78, Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah bersama para pimpinan Lemdik TNI AL melaksanakan napak tilas untuk mengenang tonggak sejarah pendidikan TNI AL di Tegal

Dalam kunjungannya ke Tegal, Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah didampingi Gubernur AAL Laksda TNI Supardi, Komandan Seskoal Laksda TNI Fauzi dan Komandan STTAL Laksma TNI Dr. Mukhlis mengawali kunjungannya di Lanal Tegal yang diterima langsung oleh Komandan Lanal Tegal Letkol Laut (P) Adi Surono.

Dalam suasana penuh keakraban ini, Dankodiklatal bersama rombongan menyaksikan pemutaran selayang pandang sejarah Lanal Tegal. Kemudian, Dankodiklatal beserta rombongan selanjutnya menuju ke Kabupaten Tegal untuk berziarah di TMP Bumi Wana Samudera Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan penyerahan sembako kepada warga sekitar. Baca Juga: Hari Mangrove Sedunia, Lanal Tegal Tanam 5000 Mangrove di Pantai Randusanga Indah Bumi Wana Samudera Kalibakung diketahui memiliki nilai historis yang tinggi karena merupakan cikal bakal Pendidikan Opsir Angkatan Laut.

Banyak pahlawan dan tokoh nasional yang lahir di tempat ini, diantaranya Komodor Yos Soedarso, Laksamana RE. Martadinata, Laksamana Soedomo dan Letjen Marinir Ali Sadikin. Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, mengatakan bahwa kegiatan napak tilas dan ziarah ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hardikal ke-78 tahun 2024.

Setelah sebelumnya dilaksanakan launching Hardikal 2024 di Gunung Bromo dan upacara di Surabaya. “Napak tilas kali ini merupakan sebagai bentuk penghormatan nilai-nilai perjuangan para pendahulu TNI AL yang mengawali pendidikannya di Kota Tegal. Keberadaan TMP ini menjadi prasasti agar kita selalu menghormati jasa para pahlawan pejuang kemerdekaan, sekaligus mengingatkan akan kewajiban untuk meneruskan perjuangan mereka dan berkarya mengisi kemerdekaan,” kata Dankodiklatal.

Impian Mbah Senen Punya Rumah Layak Huni Segera Tercapai Lewat Bantuan dari ACT Tegal, LANAL Tegal dan Pemdes Melalui kegiatan ini, kata dia, diharapkan bisa mendapatkan spirit dan semangat dari para pahlawan pejuang kemerdekaan, yang pernah melaksanakan tugas dan mendirikan sekolah di Kalibakung. “Kita berharap kedatangan kita kesini bisa mengingat sejarah yang terjadi dan mendapatkan semangat dan intisari dari mereka yang sudah melaksanakan tugas dan gugur di Tegal ini,” ujarnya.(Zaenal)