Regional Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

89
BERBAGI
Peringati Harlah Pancasila, Pemkot Tegal Gelar Upacara dan Pencanangan Bendera Merah Putih
Advertisement

Berita Merdeka – Dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) Pancasila Tahun 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal menggelar Upacara dan Pencanangan Bendera Merah Putih yang berlangsung di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balai Kota Tegal, Sabtu,1 Juni 2024

Upacara dihadiri oleh Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal, Sekretaris Daerah Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono, Kepala OPD di Lingkungan Pemkot Tegal, Camat dan Lurah Se-Kota Tegal serta diikuti oleh peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI/Polri, Korpri, PGRI, Organisasi Masyarakat (Ormas), Pramuka, Mahasiswa dan Pelajar.

Dalam upacara tersebut Penjabat (Pj.) Wali Kota Tegal, Dadang Somantri bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Yudian Wahyudi.

Advertisement

Dalam pidatonya Ia menyampaikan peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila mempersatukan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai- nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara,” ujarnya.

Lebih lanjut keberadaan pancasila menurut Kepala BPIP RI merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai- nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ujar Kepala BPIP RI dalam pidatonya.

Dalam peringatan Harlah Pancasila tahun 2024 tingkat Kota Tegal, juga dilaksanakan Pencanangan Bendera Merah Putih.

Bendera merah putih dibagikan secara simbolis oleh Pj. Wali Kota Tegal bersama Forkopimda, Sekretaris Daerah dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tegal kepada penerima yang terdiri dari Camat Tegal Timur, Lurah Slerok, Ketua FKUB Kota Tegal, Ketua FKDM Kota Tegal, Ketua Senkom Mitra Polri, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tegal, Ketua KNPI Kota Tegal, Ketua Persatuan Keluarga Besar Purnawirawan Polri, Ketua PPI Kota Tegal dan Ketua LSM Harimau Kota Tegal.(Zaenal)