Sejarah Nusantara Apa Saja Fasilitas Pelayanan Kesehatan RSUD Kardinah Kota Tegal

Apa Saja Fasilitas Pelayanan Kesehatan RSUD Kardinah Kota Tegal

258
BERBAGI
Salah satu gedung pelayanan di RSUD Kardinah Kota Tegal
Advertisement

Berita Merdeka – Adanya upaya-upaya dalam melakukan peningkatan pelayanan kesehatan, RSUD Kardinah Kota Tegal terus melakukan pembenahan manajemen untuk merespon perubahan pada lingkungan kesehatan yang begitu kompetitif sehingga seperti yang disampaikan Direktur RSUD Kardinah Kota Tegal dr. Agus Dwi Sulistyantono, MM mengatakan dalam acara Ground Breaking Ceremony yang dilaksanakan pada hari Senin, 22 Agustus 2022 siang.

“Rumah Sakit Pemerintah harus menjadi pemimpin ditengah rumah sakit yang ada,” ujar dr. Agus.

Apa saja fasilitas sarana dan prasarana kesehatan yang dimiliki RSUD Kardinah Kota Tegal? Ada baiknya kita simak berikut dibawah ini.

Advertisement

Sejak tahun 2019, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah, Kota Tegal telah memiliki layanan Kateterisasi Jantung (Cathlab) dan merupakan rumah sakit pertama di Karesidenan Pekalongan yang menyediakan layanan Cathlab.

Tidak hanya melayani pasien umum, namun juga melayani pasien Program Jaminan Kesehatan (JKN) BPJS Kesehatan.

Layanan Kateterisasi RSUD Kardinah Kota Tegal diantaranya penanganan diagnosa dengan metode Coronary Anglography, termasuk pemasangan Ring.

Dengan adanya layanan Kateterisasi (Cathlab) di RSUD Kardinah, dapat mempercepat penanganan kepada pasien yang mengalami serangan Jantung.

Cathlab di RSUD Kardinah Kota Tegal juga telah memiliki izin pemanfaatan tenaga nuklir untuk penggunaan Radiologi Diagsnotik dan Intervensi yang didukung Dokter Spesialis dan Perawat Intervensi, Radiografer serta Teknisi Kardiovaskular yang berkompeten.

Jenis-jenis pelayanan lainnya yang ada juga telah tersedia seperti Percutaneous Anglography Coronary (PAC), Percutaneous Coronary Intervention (PCI), Arteriography Extremistas, Percutaneous Transluminal Peripheral, Arteries Angloplasty (PTA), Perkardiosintesis, Temporary Pacemaker (TPM).

Sementara jadwal pelayanan yang tersedia dari hari Senin sampai Kamis, jam 07.00 WIB s/d 14.00 WIB, untuk hari Jumat jam 07.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB, sedangkan hari Sabtu pukul 07.00 sampai pukul 12.30 WIB.

Pada pelayanan unggulan RSUD Kardinah Kota Tegal juga memiliki pelayanan unggulan seperti diantaranya, Pelayanan TB MDR, pelayanan Geriati, pelayanan ESWL, Konsultasi Endoktrin Metabolik dan Diabetes.

Pelayanan Spesialis Orthopedi dan Traumalogi Konsultan HIP dan KNEE, pelayanan Pain Clinic, Akupunktur serta pelayanan Bedah Digestif.

Selain itu ada pula pelayanan PCR Drive Thru, pelayanan ODC Transfusi Thalasemia, pelayanan Tumbuh Kembang anak serta pelayanan rawat inap jiwa.

Terakhir yakni pelayanan pendukung di RSUD Kardinah Kota Tegal yang mungkin meringankan biaya bagi pasien yaitu pelayanan Pengantaran Obat Gratis dengan semboyan ‘tombo teko loro lungo’ serta Sekolah Kardinah. ( *** ).