Regional Warga Terdampak Bencana Tanah Bergerak di Sirampog Mendapat Trauma Healing dari LPPM...

Warga Terdampak Bencana Tanah Bergerak di Sirampog Mendapat Trauma Healing dari LPPM Akper Al Hikmah 2 Brebes

80
BERBAGI
Trauma Healing Akper Al Hikmah 2 Brebes untuk warga terdampak bencana tanah bergerak di Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes
Advertisement

Berita Merdeka – Bencana alam tanah bergerak yang terjadi Di Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes menggerakkan rasa empati civitas akademika Akademi Keperawatan (Akper) Al Hikmah 2 Brebes untuk turut simpati dengan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) bekerja sama dengan UKM PIK Ma (Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa) Akper Al Hikmah 2 Brebes.

Kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk “Trauma Healing untuk Warga Terdampak Musibah Tanah Bergerak Di Desa Sridadi Kecamatan Sirampog” dilaksanakan di Pos Pengungsian Pondok Pesantren Al Ihsan Sridadi, pada Minggu 20 November 2022.

Direktur Akper Al Hikmah 2 Brebes Ahmad Zakiudin, SKM, S.Kep., Ns.,M.Kes., M.Kep memberikan amanat kepada Pudir III bagian kemahasiswaan Esti Nur Janah, S.Kep., Ns., M.kep. bekerja sama dengan Ketua LPPM Slamet Wijaya Biantoro S.Kep., Ns., M.Kes untuk melakukan aksi penggalangan dana dan aksi peduli warga terdampak tanah bergerak.

Advertisement

Sebelum menyelenggarakan kegiatan Trauma Healing, civitas akademika Akper Al Hikmah 2 telah melakukan kegiatan penggalangan dana yang dilakukan di Pasar Induk Bumiayu, pada Jumat 11 November 2022.

Acara penggalangan dana berupa pemeriksaan kesehatan pengukuran tekanan darah dan bazar pemeriksaan kadar glukosa, asam urat dan kolesterol. Hasil dari penggalangan dana ini disalurkan 100% kepada para warga terdampak tanah bergerak.

Antusiasme masyarakat sangat tinggi dalam ikut serta berdonasi terbukti dengan banyaknya warga pasar yang rela datang mengantri untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di posko mahasiswa Akper Al Hikmah 2.

Hasil dari penggalangan donasi diserahkan langsung oleh dosen dan mahasiswa Akper Al Hikmah 2 Brebes dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat bertajuk “Trauma Healing untuk Warga Terdampak Musibah Tanah Bergerak di Desa Sridadi Kecamatan Sirampog” yang dipimpin langsung oleh Esti Nur Janah, S.Kep., Ns., M.Kep. selaku bagian kemahasiswaan.

Donasi yang diberikan berupa dana tunai yang dapat dimanfaatkan oleh keluarga sebagai bentuk rasa kepedulian dan empati serta menjadi suatu kewajiban untuk membantu sesama.

Mahasiswa dan dosen tidak hanya sekedar memberikan bantuan dana melainkan memberikan jasa pelayanan kesehatan serta memberikan trauma healing kepada warga terdampak tanah bergerak. Metode trauma healing diberikan dengan cara menghilangkan stress agar warga menjadi relaks dengan belajar teknik pernapasan (napas dalam).

Trauma healing adalah proses penyembuhan pasca trauma yang dilakukan agar seseorang dapat melanjutkan hidupnya tanpa bayang-bayang kejadian yang membuatnya trauma.

Korban bencana alam sering mengalami trauma akibat kejadian yang tidak menyenangkan. Trauma yang berlanjut bisa menyebabkan gangguan mental yang disebut Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD).

Adapun warga korban bencana alam yang tinggal di pengungsian biasanya sangat rentan mengalami stress yang disebabkan karena banyak faktor seperti ketidaknyamanan tempat tinggal, tidak memiliki penghasilan, masalah kesehatan dan lain-lain.

Selain trauma healing dengan teknik pernapasan (napas dalam), mahasiswa juga mengadakan berbagai perlombaan untuk memberikan hiburan kepada warga. Perlombaan tersebut antara lain lomba joget balon, lomba karaoke dan lomba pertanyaan singkat berhadiah untuk anak-anak.

Antusiasme warga sangat tinggi karena perlombaan semacam ini dapat memberikan kebahagiaan yang diharapkan dapat menjadi distraksi dari stres dan kesedihan yang dialami. Hal itu dilakukan agar kesehatan mental warga tetap terjaga selain dari kesehatan fisik agar tetap stabil dalam situasi yang dihadapi.

Program Pengabdian Masyarakat oleh Akper Al Hikmah 2 Brebes berjalan dengan lancar dan masyarakat merasa sangat terbantu serta berterima kasih banyak atas kepedulian dan bantuan yang sudah diberikan dan memberikan doa serta harapan semoga Akper Al Hikmah 2 Brebes mendapatkan keberkahan dari amalan yang sudah dilaksanakan dan semoga semakin jaya dan berkembang dalam segala bidang terutama tetap mempertahankan rasa empati yang dapat merubah suasana fisik dan jiwa menjadi semakin membaik.***