Regional Hadapi Libur Lebaran 2024 Apa Saja Fasyankes yang Disiapkan Kota Tegal

Hadapi Libur Lebaran 2024 Apa Saja Fasyankes yang Disiapkan Kota Tegal

58
BERBAGI
Advertisement

Berita Merdeka – Pj Walikota Tegal, Dadang Somantri saat melakukan tinjauan langsung ke RS Mitra Siaga dan RS Harapan Anda dalam rangka kesiapan pelayanan kesehatan menghadapi lebaran 2024 M atau Idul Fitri 1445 H.

Langkah cek kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan oleh Pj Walikota Tegal Dadang Somantri terutama dalam mengantisipasi menghadapi libur lebaran Idul Fitri 1445 H / 2024 M.

Jelang Libur Lebaran, Pj. Walkot Cek Kesiapan Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Advertisement

Pj Walikota Dadang Somantri Masuk Kota Tegal Langsung Sholat di Masjid Agung

“Hari ini kami melakukan peninjauan, dalam rangka meninjau kesiapan lebaran Idulfitri 1445 H/2024 dari aspek kesehatan,” ujar Dadang Somantri, Kamis, 4 April 2024.

Menurutnya menghadapi pelaksanaan lebaran Idulfitri 2024, ada tiga sektor yang menjadi perhatiannya, sektor keamanan, keselamatan ketertiban dan kelancaran yang ada di masyarakat, sektor yang kedua terkait dengan ketersediaan bahan pokok menjelang lebaran dan yang ketiga adalah kesehatan.

Rumah Sakit dan pelayanan kesehatan di Kota Tegal harus sudah siap menghadapi libur lebaran Idulfitri 1445/2024.

Dari hasil peninjauan kesiapan, secara umum Dadang menyampaikan sudah bagus.

“Tadi saya sudah mengecek kesiapan rumah sakit, dan kondisi dan kesiapannya sudah bagus, dari hasil pantauan, secara umum sudah siap semua, baik peralatan, perlengkapan dan sumber daya manusia, perawat dan dokter,,” tuturnya.

Bahkan untuk kesiapan di RSI Harapan Anda pads lebaran tahun ini sudah disiapkan tambahan ruangan rawat inap. Selain itu, di RSI Harapan Anda saat lebaran, untuk pelayanan poli umum hanya libur 2 hari.

Dikatakan Dadang, semua unit pelayanan siap, poli umum hanya libur dua hari, tetapi IGD, laborat, farmasi buka 24 jam, dan masyarakat tidak perlu khawatir, Pemerintah Kota Tegal sudah bekerja sama dengan stakeholder termasuk dari pihak swasta yang menyediakan fasilitas kesehatan.

Disebutkan Dadang, Pemkot melalui Dinas Kesehatan Kota Tegal sudah mengirimkan surat edaran terkait beberapa hal yang perlu diperhatikan sesuai dengan SOP saat libur lebaran.

Tidak hanya Rumah Sakit, dikatakan Dadang, puskesmas-puskesmas, piket jaga pos pelayanan tepadu juga sudah siap. Rumah sakit-rumah sakit yang ada di Kota Tegal juga sudah disiapkan untuk rujukan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan khususnya selama musim lebaran Idulfitri baik arus mudik dan balik.

Pj Walikota Tegal Dadang Somantri Dilantik, Siapa Dia?

Dinas Kesehatan sudah memetakan apabila terjadi sesuatu kejadian di suatu daerah, maka rumah sakit terdekat yang akan menjadi rujukan pasien.

Pj. Wali Kota Tegal dalam kesempatan yang sama juga mengingatkan kepada masyarakat agar menjaga pola makan setelah lebaran. Ini yang menurut Pj. Wali Kota perlu di perhatikan, karena konsumsi makanan setelah lebarang yang cenderung berlebihan.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan, Zainal Abidin menyampaikan bahwa untuk menyambut Lebaran Idulfitri, Dinas Kesehatan sudah menyiapkan selain pelayanan di puskesmas-puskesmas, juga di Pos-pos terpadu yang berada di tiga titik yakni di Terminal, Pos jalan Pancasila dan Pos di Pantai Alam Indah (PAI).

Zaenal juga menyampaikam bahwa Dinas Kesehatan selaku Pembina rumah sakit dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) sudah di kondisikan untuk siap sedia menerima apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami sudah menyiapkan, IGD di seluruh puskesmas yang selalu buka, termasuk pada saat lebaran,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal
(***)