Pendidikan Bersatunya Para Pensiunan Pendidikan Kota Tegal dalam Ultah IPPK ke-49

Bersatunya Para Pensiunan Pendidikan Kota Tegal dalam Ultah IPPK ke-49

162
BERBAGI
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Ismail Fahmi bawakan tembang lawas di Ultah IPPK ke-49 di Pendopo Ki Gede Sebayu, Kota Tegal, Sabtu, 23 Juli 2022.
Advertisement

Berita Merdeka – Ikatan Purnakaryawan Pendidikan dan Kebudayaan atau IPPK Cabang Kota Tegal gelar acara silaturahmi antar anggota dalam rangka peringati hari ulang tahun lembaga tersebut yang ke-49 bertempat di Pendopo Ki Gede Sebayu, lingkungan Pemkot Tegal, Sabtu, 23 Juli 2022.

Peringatan IPPK ke-49 dimeriahkan dengan kegiatan jalan santai, pembagian doorprize dari mulai mesin cuci, sepeda ontel hingga hiburan musik organ tunggal Hermoyo. Mereka para pensiunan larut dalam kegembiraan yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, M. Ismail Fahmi dan dari PGRI Kota Tegal.

Walikota Tegal dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyambut baik atas terselenggaranya acara yang merupakan ajang silaturahmi keluarga besar IPPK.

Advertisement

“Jalan santai merupakan salah satu kegiatan yang menyehatkan disamping mengolah tubuh guna menjaga stamuna, juga tubuh terjaga sehat,” ungkap Ismail Fahmi saat membacakan sambutan Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono.

Pengurus IPPK Cabang Kota Tegal foto bersama dengan Kadisdikbud Kota Tegal, Ismail Fahmi

Lebih lanjut dikatakan, pengabdian tidak boleh putus hanya karena telah purna tugas. Insan IPPK bersama dinsa pendidikan dan kebudayaan harus terus berperan aktif dalam mengambil peran menuntaskan program wajib belajar di Kota Tegal.

“Walaupun angka putus sekolah di Kota Tegal kecil, namun harus diakui, masih ada terutama pada anak-anak yang berada di kantung-kantung wilayah pesisir dan pinggiran Kota Tegal,” terangnya.

Walikota sebelum membuka secara resmi Jalan Santai dalam peringatan ulang tahun IPPK ke-49 menyampaikan satu bait pantun Naik Bis Tujuan Ke Moga, Singgah dulu di Apotik beli obat, dengan selalu kita berolahraga, badan menjadi bugar dan sehat.

Ismail Fahmi selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sendiri sangat menyambut baik kegiatan IPPK dalam memeriahkan hari ulang tahunnya yang ke-49 dan berharap anggota IPPK agar tetap dapat berkiprah bagi masyarakat.

“Kami dinas pendidikan dan kebudayaan sangat menyambut posisitf kegiatan IPPK hari ini. Pesan kami seperti yang disampaikan pak wali, tetap jaga terus kesehatan anggota IPPK, dan kedua tetap berkiprah bagi masyarakat karena mereka masih dapat membawa manfaat bagi masyarakat sekitar. Jadi mereka adalah orang-orang berpengalaman di pendidikan. Mudah-mudahan tetap dapat bersinerji bersama dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Tegal,” pesan Ismail Fahmi.

Kadisdikbud Kota Tegal Ismail Fahmi usai serahkan doorprize.

Lembaga yang merupakan kumpulan dari pensiunan kepala dinas, kepala UPTD, pengawas, kepala sekolah, staf tata usaha dan lainnya yang nota bene pernah mengabdi di dunia pendidikan itu mempunyai tujuan selain menyambung kembali silaturahmi juga berusaha untuk memperhatikan kesejahteraan para pensiunan atau anggotanya.

“Untuk kedepan kita akan memperbanyak jumlah anggota dan menampung teman-teman pensiunan guru dan memperjuangkan kesejahteraan untuk semua anggota,” ujar Ketua IPPK Cabang Kota Tegal, Drs. H. Sudarno pada Berita Merdeka usai acara.

Saat ini jumlah keanggotaan IPPK sekira 480an orang yang tersebar di 4 kecamatan (korwil) se-Kota Tegal.

IPPK dalam mesejahterakan anggotanya, memiliki beberapa program seperti diantaranya program SANTI kependekan dari Santunan Kematian atau terdapat juga program SIMBAH, Simpanan Bahagia sebagai program bagi anggotanya yang sewaktu-waktu menginginkan rekreasi serta program lainnya yakni penyelenggaraan Koperasi. Program itu semua penggalian sumber dananya berasal dari iuran bulanan anggotanya.

Kepesertaan anggota IPPK sendiri bersifat suka rela dan agar organisasi itu untuk tetap eksis setiap anggotanya mempunyai kewajiban berkontribusi melalui iuran bulanan.

“Alkhamdulillah untuk kegiatan ulang tahun IPPK ke-49 ini dapat berjalan lancar dengan dukungan dari Walikota Tegal yang memfasilitasi tempat dan snack,” tutur salah seorang anggota IPPK, H. Drs. Darsono pensiunan Dinas Pendidikan Kota Tegal. (Anis Yahya)