Seni dan Budaya Cegah Vandalisme, Pemkot Tegal Adakan Lomba Lukis Mural

Cegah Vandalisme, Pemkot Tegal Adakan Lomba Lukis Mural

118
BERBAGI
Walikota menjajal coretan seni lukis mural di tembok depan stasiun Kota Tegal, Jumat, 26 Agustus 2022
Advertisement

Berita Merdeka – Masih dalam rangkaian perayaan peringatan ulang tahun Kemerdekaan RI, Pemerintah Kota Tegal selenggarakan acara Lomba Mural, Cagar Budaya Amazing Tegal bertemakan Semarak Peringatan Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang pembukaan acaranya mengambil tempat di halaman Gedung Lawang Satus (Kantor SCS Birao), Kota Tegal, Junat, 26 Agustus 2022.

Menurut Walikota Tegal, aksi vandalisme di sudut-sudut Kota Tegal seringkali digunakan dengan mencoret-coret gambar atau kata-kata yang tidak senonoh atau kurang enak dipandang mata.

Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono bergaya ‘Fashion Week’

Wali Kota menyampaikan bahwa lomba mural yang diselenggarakan ini merupakan salah satu cara untuk mengisi kekosongan di tembok-tembok kosong yang membentang di penjuru Kota Tegal, agar tembok-tembok tersebut dapat terlihat lebih cantik, indah dan enak dipandang mata.

Advertisement

“Lomba mural yang kita akan mulai hari ini merupakan salah satu cara untuk mengisi kekosongan di tembok-tembok kosong yang membentang di penjuru Kota Tegal agar tembok-tembok tersebut dapat terlihat lebih cantik, indah dan enak dipandang mata,” ujar Wali Kota Tegal.

Ia menyampaikan, aksi vandalisme terutama di sekitar Taman Pancasila dan Stasiun Kota Tegal yang sering kali dikunjungi dan menjadi tujuan wisata pendatang dari luar Kota Tegal.

Kapolres Tegal Kota, AKBP Rahmad Hidayat, S.S

Dedy Yon menuturkan selain untuk mempercantik wajah Kota Tegal, tujuan lain diadakannya lomba mural ini adalah sebagai bentuk penyaluran kreatifitas dari para peserta lomba yang sebagian besar adalah pelajar dan mahasiswa.

Kedepannya Wali Kota harap lomba mural seperti ini bisa dilaksanakan di bagian-bagian lain di Kota Tegal. Dengan Kota Tegal yang penuh mural, tentunya akan mencegah aksi vandalisme, mempercantik wajah Kota Tegal, dan sekaligus menyalurkan ide dan bakat kreatif anak-anak muda Kota Tegal.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudyaan Kota Tegal, M. Ismail Fahmi menyampaikan bahwa, animo peserta lomba cukup banyak, hal ini ditandai dengan banyaknya peserta dari luar Kota Tegal.

Lomba dibagi ke dalam dua kategori, Kategori Pelajar SMA/SMK/MA dan Mahasiswa/Umum. Kategori pelajar SMA/SMK/MA kota Tegal maupun dari luar kota Tegal sejumlah 32 kelompok (30 dalam kota, 2 luar kota).

Untuk kategori Pelajar akan menggunakan dinding lapangan parkiran PT. KAI di sebelah selatan Taman Pancasila.
Sedangkan, kategori mahasiswa, seniman dan masyarakat umum di Kota Tegal maupun dari luar Kota Tegal dengan jumlah pendaftar 56 kelompok.

Kota Tegal 15, Kab. Tegal 15, Yogya 4, Pemalang 3, Brebes 2, dan masing2 1 KLP : Jakarta, Bekasi, Karawang, Kota Batu Malang, Ponorogo, Bojonegoro, Pekalongan, Banyumas, Batang, Blora, Cilacap, Jepara, Klaten, Magelang, Purwokerto, Solo dan Karanganyar), mereka menggunakan tembok pembatas PT. KAI dari Stasiun Kota Tegal ke utara atau yang berada di Jalan Kolonel Sudiarto.

Lomba dilaksanakan, Sabtu, 27 – Minggu 28 Agustus 2022 yang dimulai dari pukul 08.00 WIB s.d 16.00 WIB.(Anis Yahya).