Seni dan Budaya Pedagang Madu Itu Sukses Juara 1 Lomba Lukis Mural Kota Tegal

Pedagang Madu Itu Sukses Juara 1 Lomba Lukis Mural Kota Tegal

242
BERBAGI
Lomba Mural yang diadakan Pemkot Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berhasil memunculkan seorang juara yang berprofesi sebagai Pengrajin Shuttlecock dan pedagang Madu yang juga keliling jualan madu, Hadi Supandri (32). (Foto : Anis Yahya).
Advertisement

Berita Merdeka – Penyerahan hadiah Lomba Lukis Mural diserahkan oleh Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, MM dalam acara Penutupan Lomba Mural Kota Tegal dalam rangka HUT RI ke-77 Tahun 2022 di Pendopo Ki Gede Sebayu, lingkungan Pemkot Tegal, Senin, 29 Agustus 2022 pagi.

Sebelumnya, Lomba Lukis Mural dilaksanakan selama 2 hari pada hari Sabtu – Minggu, 27 – 28 Agustus 2022 yang dibuka pada hari Jumat, 26 Agustus 2022 oleh Walikota Tegal bertempat di halaman Gedung Lawang Sewu, Kota Tegal.

Advertisement

Terdapat 6 nominator peserta lomba mural yang berhasil meraih juara berdasarkan kategori seperti juara 1 sampai 3 dan harapan 1 hingga 3 kategori jenjang SMA/SMK/MA serta jenjang Mahasiswa / Umum dari juara 1 s/d 3 juga harapan 1 sampai harapan 3.

Walikota Tegal selain menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang, juga dikatakannya bahwa lomba mural akan diadakan setiap tahun dengan menyediakan media-media yang tersedia di Kota Tegal.

“Dengan adanya lomba lukis (mural) kan kelihatan jadi bagus. Dan yang lebih penting ketika kita sudah menghargai karya para seniman, maka kita minimal bisa memeliharanya,” ujar Dedy Yon.

Walikota juga berencana akan menjadikan kegiatan lomba lukis mural sebagai kegiatan yang berkelanjutan.

Hadi Supandri (32) dari Irfa Show Art, Juara 1 Lomba Mural Kota Tegal

Dalam pesannya, kedepan lomba lukis mural selain diikuti peserta bukan hanya dari Kota Tegal saja, tapi para juri juga bisa didatangkan dari berbagai kota.

“Lomba lukis mural ini harus menyeluruh se-Kota Tegal juga dari luar kota. Untuk jurinya harus ada juga juri dari luar Kota Tegal,” ungkap Dedy Yon.

Dalam acara penutupan lomba Mural yang diadakan Sabtu – Minggu, 27 – 28 Agustus tersebut keluar 12 nama juara. Untuk juara jenjang SMA/SMK/MA juara 1 atas nama SMAN 2 Kota Tegal, juara 2 SMK Muhammadiyah 1, juara 3 juga SMAN 2 Tegal. Sementara untuk juara harapan 1 sampai 3 beeturut-turut diraih oleh SMKN 1 Dukuhturi, SMAN 4 Kota Tegal dan Harapan 3 oleh SMAN 1 Kota Tegal.

Untuk juara kategori Mahasiswa / Umum juara 1 diraih oleh Irfa Show Art, kedua Jogja Mural, Ketiga Ghopay Air Brush serta juara harapan 1 sampai 3 diraih oleh Amoenisi, Seniwas, Bat Mural.

Wowok Legowo, salah seorang juri dalam lomba Mural Kota Tegal

Hadi Supandri (32) dari Irfa Show Art salah seorang pengrajin Shuttlecock di Kota Tegal sebagai peserta peraih juara 1 kategori Mahasiswa / Umum mengambil beberapa tema lukisan mural antara lain seperti gedung Lanal, Taman Pancasila, Kantor Pos dan Water Leideng.

Menurut Hadi, adanya kegiatan ini selain dapat menyalurkan bakat juga mencegah adanya perilaku vandalisme.

“Saya sangat senang dengan lomba mural ini selain saya dapat mengekspresikan bakat, juga saya mendukung langkah pemerintah menampung anak-anak muda untuk tidak berperilaku vandalis. Semoga seperti yang disampaikan pak Wali kegiatan ini akan dilakukan setiap tahun,” ujar Hadi yang dalam kesehariannya selain pengrajin Shuttlecock juga berdagang Madu di Kota Tegal.

“Saya dari Brebes tapi sudah menetap di Tegal. Sehari-harinya selain kerja buat kok (pengrajin pembuat shuttlecock) juga ider dagang madu,” ungkap Hadi sang juara Mural kepada Berita Merdeka usai menerima trophy. (Anis Yahya)