Pencari Keadilan Penyebab Konser Slank di Kota Tegal Batal Manggung di Stadion Yos Sudarso

Penyebab Konser Slank di Kota Tegal Batal Manggung di Stadion Yos Sudarso

497
BERBAGI
Group Musik Slank. (Foto : Slank.com)
Advertisement

Berita Merdeka – Rencana konser Slank, GIGI dan Gheayubi dalam agenda Tegal Festival Volume 1 yang awalnya bakal digelar di Stadion Yos Sudarso Kota Tegal pada tanggal 15 Oktober 2022, batal digelar dilokasi tersebut.

Hal itu disampaikan dalam jumpa pers yang diadakan di Polres Tegal Kota dengan dihadiri Kapolres Tegal Kota beserta jajarannya, Kepala Disporapar dan juga Ketua Panitia serta tim penyelenggara konser Tegal Festival Volume 1, Senin, 9 Oktober 2022.

Advertisement

Kapolres Tegal Kota, AKBP Rahmad Hidayat, S.S menerangkan bahwa lokasi pergelaran dipindahkan dari Stadion Yos Sudarso ke Pantai Alam Indah. Kepindahan itu menurutnya didasarkan pada beberapa pertimbangan yang utamanya karena adanya perintah dari Presiden Joko Widodo yang meminta seluruh stadion di Indonesia untuk dilakukan audit.

“Semua stadion termasuk stadion Yos Sudarso sedang dilakukan audit kelayakannnya pasca tragedi stadion Kanjuruhan. Maka demi keamanan, konser Slank yang semula dijadwalkan main di stadion Yos Sudarso, dialihkan ke PAI,” kata Kapolres Tegal Kota.

Presiden Joko Widodo memerintahkan audit seluruh stadion sepak bola di Indonesia untuk mencegah terulang-nya tragedi Kanjuruhan.

Bimbim Slank

“Saya juga perintahkan untuk mengaudit total seluruh stadion yang dipakai untuk liga, baik Liga 1, Liga 2, maupun Liga 3, semuanya apakah gerbang-nya sesuai standar cukup lebar, apakah gerbang ukurannya sesuai dengan standar, manajemen lapangan-nya yang memegang kendali siapa, semuanya,” kata Presiden di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Saiful Anwar, Kota Malang, Rabu pekan lalu.

“Audit untuk bangunan nanti yang menyampaikan adalah dari Kementerian PU, tetapi secara keseluruhan nanti tim gabungan independen pencari fakta yang akan menyampaikan,” lanjut Presiden.

Tragedi Kanjuruhan terjadi setelah kerusuhan yang pecah selepas penonton memasuki lapangan Stadion Kanjuruhan seusai pertandingan Liga 1 Indonesia antara Arema FC menjamu Persebaya Surabaya yang berakhir dengan skor 2-3 pada Sabtu (1/10) malam.

Logo Slank

Imbas peristiwa tersebut dan perintah Presiden untuk dilakukannya audit seluruh Stadion itulah rencana Konser Slank di Kota Tegal yang semula akan digelar di Stadion Yos Sudarso akhirnya dipindahkan ke Pantai Alam Indah atau PAI Kota Tegal.

Kapolres Tegal Kota yang didampingi Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata ( Disporapar ) Kota Tegal, Irkar Yuswan Apendi serta pihak penyelenggara menegaskan, pengalihan lokasi konser itu sudah melalui kajian dan pertimbangan matang. (Anis Yahya)